Alhamdulillah, Akhirnya Gajian Pertama Kali Dari Google Adsense

Hei para pembaca semua, duh rasanya kok sudah lama tidak update blog. Mohon dimaklumi ya, karena kesibukan di dunia kerja sehingga cukup banyak laporan yang harus diselesaikan lebih dulu. he

Pengalaman Gajian Pertama Kali Dari Google Adsense
Alhamdulillah! Gajian Pertama Kali Dari Google Adsense

Mungkin hal ini dianggap biasa saja oleh para mastah atau senior yang sudah malang melintang di dunia google adsense. Namun, bagi saya, gajian pertama kali dari google adsense merupakan salah satu hal membahagiakan sekaligus bikin saya terharu. Perjuangan dari tahun ke tahun untuk terus bertahan akhirnya terbayar sudah.

Dibandingkan dengan pendapatan saya sebagai freelancer sejak tahun 2014, bisa dibilang angkanya jauh lebih kecil tapi saya pun tetap mensyukurinya karena nuansa gajian dari google adsense dengan freelance sangatlah berbeda, beneran lho ini, kayak ada rasa-rasa nggak percaya eh ternyata cair beneran.

Bukanya mau sombong, riya` dan sejenisnya, jadi saya menceritakan pengalaman ini agar teman-teman ikut termotivasi bahwa siapapun bisa mendapatkan penghasilan dari dunia online meski tidak memiliki basic di dunia online seperti saya yang harus belajar otodidak, kesana kemari mencari sumber referensi, bertanya kepada mastah/suhu/senior.

Asalkan sudah ada niat, kemauan dan usaha, saya yakin, suatu saat anda pasti bisa meraup pendapatan dari internet. Pokoknya, jangan pernah berhenti mencoba, lakukan secara konsisten walau harus gagal berkali-kali tetaplah bangkit untuk mencapai tujuan utama.

Gajian Pertama Dari Google Adsense

bukti pembayaran google adsense 21 agustus 2020
bukti pembayaran google adsense 21 agustus 2020

Sebenarnya, saya tidak begitu mengenal google adsense namun karena teman seperjuangan waktu SMA dulu bercerita banyak tentang google adsense, saya pun tertarik dan pengen tahu, apa benar bisa menghasilkan dollar dari google?

Dari banyak sumber yang ada di internet hingga beberapa pengalaman dari para blogger, hampir semua orang mengatakan benar bahwa google adsense akan membayar partner blog setelah disetujui dalam pemasangan iklan dari google. Oh ya, jangan dikira partner blog google hanya segilintir orang saja, melainkan seluruh dunia bersaing memaksimalkan blog atau situs mereka agar bisa diterima oleh google adsense.

Mungkin, ada yang belum tahu google adsense itu apa? Merupakan progam advertising CPC (cost-per-click) yang dijalankan oleh google dimana para publisher (pemilik situs/blog/youtube) sebagai partner bisa menghasilkan uang dari unit-unit iklan yang terpasang di blog, situs atau youtube.

jadi, para publisher ini harus terdaftar sebagai partner sehingga bisa menayangkan iklan adsense dengan berbagai macam variasi (iklan teks, iklan video, iklan banner dll).

Kemudian, pemasukan dapat darimana? Tentu saja dari pembagian keuntunganbersama google untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung alias bayar per klik (BPK).

Adapun pengiklan sendiri memanfaatkan progam iklan google bernama Adword dengan tujuan mempromosikan produk-produk mereka. Dan karena pengiklan membuat serta membayar berbagai jenis iklan yang berbeda, oleh sebabnya pemasukan setiap publisher sangat beragam. Ada 1 klik dihargai 1.000 bahkan sampai 50.000 (blog indonesia).

Waktu itu, saya mencoba mendaftarkan blog dengan niche khusus untuk menjadi partner google adsense tepat di awal tahun 2014. Tidak butuh waktu lama, saya menunggu sekitar 2 mingguan, kemudian mendapat pemberitahuan email kalo blognya diterima.

Rasanya senang sekali bisa diterima adsense, karena dulu memang cukup susah untuk mendaftar di adsense sehingga perlu kerja ekstra menyetting menu blog, tampilan utama, memperbaiki konten, memilih support plugin dan masih banyak lagi.

Saya masih ingat betul, kata salah seorang di facebook, jika suatu blog memiliki traffic rendah jangan daftar adsense karena nantinya bakal percuma. Justru saya berpikir sebaliknya, lebih baik daftar dulu aja meski trafik hanya puluhan atau ratusan pengunjung setiap hari, karena kita tidak tahu namanya passive income bisa naik dan bisa turun yang penting percaya saja pasti suatu saat bisa gajian dari google.

Baca juga  Kenalan Dengan Anak Perantauan Yuk!!

Akhirnya, setelah berjuang dan bertahan sejak tahun 2014 sampai 2020, tepat pada tanggal 21 Agustus 2020 saya mendapat email dari google payments dengan kalimat “Google Adsense: Periksa Pembayaran Terbaru Anda”. Lalu saya mengecek mbangking untuk memastikan apakah pendapatan dari blog sudah masuk atau belum? Ternyata belum masuk karena bertepatan dengan hari jum`at sedangkan bank sudah tutup sampai hari minggu.

Masih dengan rasa was-was, saya kembali mengecek ulang lewat mbangking pada hari senin, 23 Agustus 2020 jam 8.30 dan pendapatan dari adsense sudah masuk. Rasanya, masih tidak percaya saja, dulu hanya angan-angan bisa gajian dari mbah google dan kini saya bisa membuktikanya sendiri.

Rasa syukur berkali-kali saya ucapkan dalam hati, perjuangan selama kurun waktu 5,5 tahun tidak akan pernah saya lupakan karena ini moment bersejarah sehingga saya tulis disini agar tidak lupa.

Sekali lagi, buat teman-teman seperjuangan yang masih merintis atau memaksa diri agar bisa gajian dari google adsense, tetaplah semangat dan jangan pernah berhenti berusaha, sambil terus mencari ilmu dari para suhu, bergabung dengan group-grup blogger, berdiskusi dengan orang-orang berpengalaman.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman yang selalu mensupport sampai sekarang, sehingga saya berhasil mendapatkan payout pertama kali dari google adsense.

Setting Pembayaran Google Adsense Ke Rekening

Oh ya, sekedar kalian tahu sejak 10 agustus 2020 lalu google adsense sudah mengumumkan bila pembayaran kepada publisher tidak lagi bisa memilih WU (Western Union) dan dialihkan transfer bank.

Menurut saya ini termasuk langkah efektif dan tentu semakin memudahkan para publisher, tapi jangan kaget lho, waktu saya menerima payout ke rekening bank ternyata potonganya lumayan besar sekitar 160.000. Buat saya tidak masalah sih, yang penting pembayaran mendarat dengan sempurna, he.

Berkaitan dengan settingan pembayaran google adsense ke transfer bank mudah sekali kok, untuk tutorialnya, teman-teman bisa mengikuti cara yang sudah saya terapkan berikut ini.

1. login ke akun google adsense lalu klik 3 titik pada bagian saldo dan pilih “lihat pembayaran”

homepage menu lihat pembayaran
homepage menu lihat pembayaran

2. kemudian klik “kelola metode pembayaran” nanti akan diarahkan ke pilihan pembayaran seperti gambar dibawah

tampilan kelola metode pembayaran
tampilan kelola metode pembayaran

3. lalu klik “tambahkan metode pembayaran” dan muncullah 2 opsi maka pilih yang pertama

tampilan tambahkan metode pembayaran melalui transfer bank
tampilan tambahkan metode pembayaran melalui transfer bank

 

4. isikan kolom yang kosong sesuai dengan panah merah (nama pemilik bank, nomor rekening dan SWIFT BIC berdasarkan kode bank masing-masing)

tampilan detail transfer kawat baru
tampilan detail transfer kawat baru
  1. klik simpan

Mudah kan? Kalo hanya setting pembayaran google adsense saya yakin kalian tidak bakal kesulitan, justru kesulitan yang sebenarnya adalah bagaimana menjaga kesehatan blog atau situs sembari meningkatkan trafik agar semakin banyak pengunjung sehingga mampu meningkatkan ratio klik pada adsense.

Segitu dulu ya curhatan seputar google adsense dari saya sampai bisa menerima pendapatan untuk pertama kalinya. Next time, kira-kira saya harus berbagai pengalaman apalagi nih, tentang proses pembuataan blog sampai menghasilkan, belajar fiverr atau tentang content placement?

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

16 Comments

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *