Dapat 20 JUTA++, Pengalamanku Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula

Sebenarnya, gimana Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula seperti saya yang pada waktu itu tidak terlalu mengenal dunia maya? Sekitar tahun 2014 lalu, saya baru mengenal internet sebagai alat untuk mengakses sosial media, facebook, instagram, twitter dan lain-lain.

Merasa bosan dengan kegiatan harian, scroll dan terus scroll sosial media favoruitku (facebook), lambat laun, saya justru penasaran terhadap kemunculan iklan-iklan fb darimana, yang menanyakan soal “benarkah bisa dapat duit dari internet?”

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula
Dapat 20 JUTA++, Pengalamanku Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula

Saya iseng-iseng mencari berbagai sumber dari website orang-orang yang pernah memperoleh uang dari internet lalu membaca tulisan-tulisan mereka. Mohon maaf, saya tidak menyebutkan blognya karena sudah lama banget jadi kelupaan, he. Nah, pada saat itu saya sering mempelajari banyak teori dari banyak blog dengan serius, namun malah lupa untuk praktek dan akhirnya saya merasa terlambat menyadari bahwa ada potensi sangat besar untuk menghasilkan uang dari internet.

Berpikir selama beberapa bulan, saya mengeksplorasi diri, menanyakan pada diri sendiri apa yang bisa saya lakukan agar dapat duit dari internet tanpa modal. Ya, saya benar-benar frustasi karena tidak menemukan bakat sama sekali, belajar coding tidak bisa, membuat website TLD tidak bisa, belajar SEO kesulitan, membuka jasa online tidak tahu. Gimana mau produktif kalo semua hal tadi tak mampu saya lakukan?

Ternyata, saya menyadari ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dari internet. Jawabanya adalah menulis. Baru sadar kalo selama ini dari sekolah sampai lulus kuliah, banyak PR, tugas kuliah hingga membuat KTI, semua dikerjakan dengan menulis, baik itu menulis di buku tulis maupun diketik di dalam laptop/komputer.

Saya pun segera menekuni kegiatan menulis untuk menjadi rutinitas sehari-hari agar mampu menghasilkan pundi-pundi uang dan memutuskan untuk berfokus pada penulisan sebuah artikel. Di akhir cerita, alhamdulillah dari proses yang panjang, saya berhasil mengumpulkan pendapatan dari internet sekitar 20 jutaan lebih (berbentuk uang, dan voucherl) dari akhir 2014-2020.

Sebagai catatan penting, cerita yang saya bagikan ini tidak ada maksud untuk pamer, sombong atau sejenisnya melainkan sebagai motivasi diri sendiri serta sharing kepada anda semua bahwa dunia internet memang nyata bisa menghasilkan. Saya yakin, anda pun suatu saat juga bisa merasakanya selama mau belajar dan mempraktekkanya.

Baca juga  PECAH TELUR! Cara Mendaftar Kontributor Shutterstock Sampai Menghasilkan

Lalu darimana saja saya mendapatkan uang sebanyak itu? Eh, segitu tidak banyak lho, karena banyak mastah internet marketer maupun suhu blogger yang mencapai profit 100 juta bahkan 1 milyar kok, he.

6 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula

1. Ads.id

Termasuk situs yang familiar di kalangan blogger karena banyak mastah dan suhu disana. Saya mulai daftar pada pertengahan tahun 2014 dan kemudian aktif sekitar bulan oktober di tahun yang sama. Ternyata setelah menjadi member, memang tidak bisa langsung menjual jasa namun perlu membuat thread atau mengumpulkan komentar dahulu.

Nah, setelah akunya terlihat aktif, barulah saya memberanikan diri membuka bisnis jasa tulis menulis artikel di menu service. Tekniknya simpel kok, tinggal ATM saja (amati, tiru dan modifikasi) jasa disana lalu buat ulang dengan kriteria sendiri dan standar harganya.

Awalnya, untuk membangun kepercayaan member atau calon pelanggan, saya menggunakan metode free review (FR). jadi sistemnya memberi artikel gratis kepada member, lalu sebagai timbal balik, mereka memberikan review bagaimana penilaian artikel yang saya buat sebelumnya.

Anda bisa menyediakan FR terbatas atau pada hari khusus supaya jasa yang dibuka terus mengalami follow up dan berada di halaman depan dalam menu service ads.id. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih sering melihat jasa milik anda yang artinya berpotensi mendapatkan pelanggan baru atau pelanggan tetap.

Di Ads.id, saya mampu mengumpulkan profit total 15 juta rupiah, berkat kerjasama dengan 2 partner yang luar biasa. Siapa mereka? kapan-kapan saya ceritain ya, karena keduanya sekarang bisa dibilang sudah menjadi mastah di dunia digital.

2. Projects.co.id

Nah, kalo projects.co.id ini merupakan situs freelancer indonesia yang memudahkan semua orang bisa menjual produk atau jasa disebut seller sedangkan orang yang mencari atau membeli jasa disebut buyer.

Disisi lain, ada penyebutan lagi dalam situs tersebut yaitu owner (sebagai orang yang memposting sebuah project dengan persyaratan jelas termasuk anggaranya) dan worker (sebagai pekerja yang akan melakukan penawaran terhadap sebuah project).

Disini, saya memutuskan untuk menjadi worker agar bisa mengambil projects yang ditawarkan oleh owner. Nantinya setelah melakukan penawaran (bid), anda tidak langsung terpilih karena keputusan ada di pihak owner. Bila sudah ada pemberitahuan bahwa anda pemenangnya, maka project dapat segera dikerjakan sesuai batas waktu yang ditentukan.

Menurut saya, projects.co.id punya sistem sangat lengkap dan jelas. Jadi, tidak perlu khawatir terkait pekerjaan yang sudah diselesaikan karena terbukti membayar. Saya biasa menarik uang yang terkumpul disana secara otomatis namun bisa juga dibuat manual.

Di projects.co.id, alhamdulillah saya bisa mengumpulkan uang sekitar 1,5 juta rupiah. Mungkin terbilang kecil, tapi bagi saya cukup besar apalagi hanya worker amatiran.

Disamping itu, sambil berusaha tetap fokus, saya pun memberanikan diri untuk membuat blog personal ini karena berbagai alasan yang kuat dan jadilah domain TLD berbasis self hosting dgn nama saya sendiri tepat pada tahun 2016. Kalo anda penasaran dengan kisah blog ini, silahkan cek di menu about me ya.

3. Sosiago.id

Sosiago Indonesia merupakan platform influencer marketing yang menyederhanakan aktifitas promosi campaign bagi pemilik usaha digital, pemilik brand besar atau sejenisnya. Terus yang dikerjain disana apa? Tentu menulis dong, masak jualan? ha

Jadi, sederhananya menghubungkan antara advertiser (pengiklan) dengan para influencer untuk mempromosikan iklan yang ditawarkan oleh  mereka. Bentuknya banyak mulai dari posting di blog/website, twitter, instagram hingga youtube.

Sebelumnya, saya tidak tahu apa itu sosiago dan setelah bergabung di group WA bernama DCB (Diskusi Cerdas Blogger) berkat saran dari salah satu teman lama. Baru tahu juga, ternyata ada situs penghasil uang bernama sosiago karena banyak yang mengulasnya di group. Cupu kan? emang iya, ha.

Saya mendaftar sebagai blogger untuk mendapatkan 2 jenis penawaran dari sosiago yaitu,

a. untuk content placement, artinya blog siap menerima artikel yang sudah disediakan oleh pengiklan jadi tinggal posting aja sesuai ketentuan yang diminta, tidak perlu capek-capek

b. untuk sponsored post, artinya  pemilik blog membuatkan artikel yang diminta oleh pengiklan dengan tema yang ditentukan lalu mempostingnya ke dalam blog.

Dengan kriteria diatas, saya sering melakukan bid (penawaran) dari advetorial di sosiago, jadi kalo anda ingin ikutan wajib bermodalkan satu blog berkualitas tinggi dengan DA minimal 10. Kemudian setelah mendaftar dan disetujui, bid semua pengiklan yang ada disana. Nanti, jika akhirnya terpilih, maka akan ada pemberitahuan melalui email.

Selain itu, sosiago juga menyediakan event kontes SEO maupun lomba blog dari pengiklan dan tentunya bisa diikuti oleh seluruh influencer disana. Tak tanggung-tanggung hadiahnya ada yang sampai 10 juta rupiah lho. Yakin tidak tertarik?

Sejak bergabung pertengahan tahun 2019, saya berhasil mengumpulkan 1,4 juta rupiah dari sosiago.id. Masih sangat kecil bila dibandingkan dengan salah satu senior (om dedi suparman) yang saya kenal dari facebook dimana sudah meraup ratusan juta rupiah dari platform tersebut.

4. Vira.id

Vira.id juga termasuk platform influencer marketing bagi advetorial (pengiklan) yang menyediakan aktivitas promosi campaign. Hampir sama dengan sosiago.id namun perbedaanya disini, tidak adanya influencer selain blogger dan kontes blog, jadi vira hanya berfokus untuk seorang blogger saja.

Sangat menguntungkan bila anda sebagai blogger memiliki banyak blog berkualitas, karena dapat melakukan banyak bid di setiap pengiklan sehingga lebih potensial memperoleh job content placement (CP) maupun sponsored post (SP).

Perlu digaris bawahi, bahwa vira sekarang memperketat pendaftaran akun beserta blog. Jadi tidak semua blog bakal terverifikasi dan hanya blog yang benar-benar dianggap berkualitas.

Oh ya, cerita saya mengenal vira.id ini sama persis dengan sosiago, karena bergabung di grop DCB hingga ikut-ikutan mendaftar. Terus beberapa hari kemudian, akhirnya keterima juga blog personal ini.

Pencapaian sampai sekarang, total uang yang sudah PO dari vira.id hampir 1 juta rupiah. Padahal saya cuman 14 kali terpilih sebagai pemenang bid dengan 1 blog saja. menurut saya, kalo memang diseriusin, potensial banget, jika anda berniat untuk mendaftarkan puluhan atau ratusan blog berkualitas.

5. Rajabacklink.com

Pasti sudah kenal marketplace ini kan? rajabacklink.com merupakan situs yang menyediakan backlink berkualitas tinggi dan terpercaya. Bekerjasama dengan para pemilik blog (blogger) dan nantinya setiap blog punya nilai dan harga masing-masing. Jadi, tinggal pengiklan atau pencari backlink memilih menempatkan backlinknya di blog tersebut.

Saya mengenal rajabacklink baru 1 tahun lalu dan ternyata disana juga bisa menghasilkan uang bahkan rate pembelian backlink dihargai cukup tinggi lho.

Sistemnya juga mudah, karena anda hanya perlu mendaftarkan blog ke rajabacklink.com lalu akan ada penilaian terhadap kriteria blognya meliputi,

a. punya konten berkualitas dan reputasi baik
b. blog memiliki tampilan yang rapi dan user friendly
c. minimal memiliki nilai alexa, google dan yang terpenting adalah DA (domain authority) serta PA (page authority)
d. blog berisi beragam niche (bisa satu kategori khusus atau kategori umum)
e. tidak pernah terkena penalti oleh search engine dan tak ada aktivitas otimasi secara blackhat

Setelah lolos, nantinya blog anda akan diberikan harga yang sesuai untuk menuliskan artikel sebagai backlink eksternal ke advetorial (pengiklan). Blog ini saja penawarannya lumayan lho, setiap 1 postingan dihargai 111.000 sedangkan blog saya yang berkategori spesifik dihargai 622.000.

Dan kedua blog tadi alhamdulillah sudah pernah terpilih sebagai pemberi backlink ke pengiklan. Kalo boleh jujur, ini satu-satunya penghasilan terbesar dalam 1 kali menulis artikel 500 kata, dihargai 622.000. Saya benar-benar tidak menyangka juga.

Tapi patut disyukuri juga, hingga sekarang pendapatan saya disana 700 ribu rupiah lebih dikit. Jika anda berniat mendaftarkan blog personal atau punya niche spesifik akan lebih bisa menghasilkan passive income nih. Eman-eman juga kalo dianggurin blognya.

6. Blogpartner.id

Terakhir, blogpartner.id adalah sebuah platform yang mengintegrasikan blogger (terdaftar) dengan situs utama blibli.com. Jadi anda bakal memperoleh project atau kerjaan dari blibli untuk menuliskan sebuah artikel beserta syarat-syaratnya lalu setelah selesai, komisi  akan diberikan berupa voucher sebesar 150 ribu rupiah.

Terus vouchernya buat apa? Ya buat belanja di situs blibli dong, lumayan kan bisa untuk beli pulsa, barang-barang elektronik yang murah, charger hp, power bank, kaos dan lain-lain.

Caranya, cukup daftarkan blog anda sebagai worker kemudian nanti pihak blogpartner.id akan memutuskan layak tidaknya blog anda terverifikasi secara resmi. Mudah kan?

Kalo dipikir-pikir tidak lama untuk verifikasi blog yang telah didaftarkan. Berdasarkan pengalaman, blog personal milik saya ini disetujui beberapa jam setelah mendaftar.  Dan sampai sekarang sudah berhasil mengerjakan project sebanyak 5 kali hingga mengumpulkan voucher dengan total 750 ribu rupiah. Nah,

Mungkin pengalaman saya Menghasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula dari 6 situs tadi belum ada apa-apanya dengan para mastah atau suhu yang sudah berkecimpung lama di dunia digital.

Namun paling tidak, saya bisa sedikit memotivasi anda bahwa peluang itu masih terbuka lebar jika ada niat dan kemauan untuk belajar lalu segera mempraktekkanya. Selamat mencobanya, semoga berhasil. Oh ya, jangan lupa reviewnya di video berikut ini.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

2 Comments

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *