Yuk Cari Tahu Definisi Perawat dan Keperawatan Secara Lengkap Disini

Pada topik kali ini, penulis akan coba mengulas lebih dalam mengenai Definisi Perawat Dan Keperawatan. Menurut anda, kira-kira perawat itu apa sih dan pekerjaanya menyangkut apa saja? 

Definisi Perawat dan Keperawatan
Yuk Cari Tahu Definisi Perawat dan Keperawatan Secara Lengkap Disini

Mungkin banyak informasi yang berkembang bahwa perawat itu ya pembantu dokter, jadi istilahnya tangan panjangnya dokter. Bahkan ada juga yang mengira profesi perawat sama seperti tenaga medis lainya, bisa merawat hingga mengobati pasien. 

Karena sebelum terbitnya UU keperawatan no 38 tahun 2014, bahwa payung hukum profesi perawat payung hukum profesi Perawat bernaung dibawah profesi Kedokteran. Sehingga kadang image Perawat terkesan sebagai pembantu Dokter, yang hingga saat ini image tersebut masih melekat disebagian kalangan masyarakat.

Ternyata, fenomena tersebut memang ada benarnya mengingat sebelum terbitnya UU keperawatan no 38 tahun 2014, payung hukum perawat bernaung dibawah profesi kedokteran. Sehingga image perawat terkesan sebagai pembantu dokter. 

Namun setelah diresmikanya undang-undang keperawatan Indonesia, pada akhirnya seluruh penjelasan mengenai perawat dan keperawatan mampu memberikan pemahaman secara jelas termasuk tupoksi utama sebagai tenaga kesehatan.

Definisi Perawat

Jika dilihat dari bahasanya, perawat (nurse) itu berasal dari bahasa latin nutrix yang memiliki arti merawat atau memelihara. Sedangkan menurut pandangan dari para ahli sebagai berikut. 

Menurut International Council of Nurse (1965), perawat merupakan seseorang yang menyelesaikan progam pendidikan keperawatan, memiliki wewenang di negara yang bersangkutan sehingga bisa memberikan pelayanan dan bertanggungg jawab untuk melayani pasien, meningkatkan kesehataan dan pencegahan penyakit. 

Menurut Kusnanto (2003), perawat adalah seseorang yang profesional, mempunyai kemampaun tanggung jawab dan kewenangan melaksanakan asuhan keperawatan pada berbagai jenjang layanan keperawatan. 

Dari pengertian diatas, dapat diambil kesimpulan, seseorang dikatakan perawat jika seseorang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan di dalam atau luar negri dan diakui oleh pemerintah sesuai ketentuan perundang-undangan untuk melakukan pelayanan keperawatan. 

Hal ini pun juga sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya di Indonesia dimana menganut ketentungan UU no 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan. 

Undang-Undang No 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan, seseorang yang sudah lulus dari pendidikan tinggi keperawatan, baik dalam maupun luar negri yang diakui pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Baca juga  100+ Kumpulan Quotes Perawat Yang Bikin Semangat Setiap Saat

Definisi Perawat Profesional

Bagaimana dengan arti dari perawat profesional itu sendiri? Ya, mereka adalah gambaran dan penampilan menyeluruh aktivitas keperawatan sesuai kode etik keperawaan. Jadi, perawat mampu berperan aktif meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan, pemulihan serta pemeliharaan kesehatan atau Primary Health Care sesuai wewenang, tanggung jawab dan etika profesinya. 

Dianggap sebagai perawat profesional, setidaknya harus memenuhi beberapa syarat berikut ini, 

  • telah terdaftar dalam organisasi perawat (dalam hal ini PPNI) dengan bukti kepemilikan NIRA. Baca disini untuk tahu tentang NIRA dan cara pembuatanya
  • memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) sebagai bukti tertulis. Baca disini untuk cara registrasi STR online bagi perawat
  • memiliki SIP (bagi perawat yang bekerja di fasilitas kesehatan)
  • memiliki SIPP (bagi perawat yang ingin membuka praktik mandiri)
  • mampu mengikuti ketentuan dalam perundang-undangan No 38 tahun 2014 tentang keperawatan
  • bila ingin bekerja di luar negri, maka seorang perawat wajib lulus dari uji kompetensi NCLEX-RN untuk mendapatkan sertifikasi RN (Registered Nurse) dan uji LCLEX-PN untuk memperoleh sertifikasi LPN. Penjelasan detailnya, akan dibahas di lain waktu ya.

Definisi Keperawatan 

Beralih ke pembahasan tentang keperawatan. Merupakan bentuk daripada pelayanan profesional berupa kebutuhan dasar manusia (KDM) bagi yang sehat maupun sakit (gangguan fisik, psikis, sosial) supaya dapat tercapai tingkat derajat kesehatan yang optimal melalui kemampuan untuk mencegah, memperbaiki, melakukan rehabilitasi dari suatu keadaan yang dipersepsikan sakit oleh individu, menurut Nursalam (2008). 

Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Keperawatan No 38 tahun 2014, bahwa keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok baik dalam kondisi sakit atau sehat. Baca juga definisi keperawatan menurut para ahli dunia

Jadi, dapat disimpulkan bila keperawatan itu terdiri dari proses cukup panjang yang terbagi menjadi 5 tahapan asuhan keperawatan dan saling berkesinambungan yaitu tahap pengkajian, diagnosa, rencana tindakan, implementasi dan evaluasi. Lebih jelasnya baca disini, proses keperawatan dan tahapanya.

Peran, Fungsi dan Tugas Pokok Perawat

Pada intinya, peran perawat itu sebagai pemberi asuhan keperawatan yang kompleks, bahkan bisa juga menjadi advokat pasien, edukator, kolaborator, konsultan hingga pembaharu. Jadi, akan ada waktunya seorang perawat menjadi salah satu dari peran-peran tersebut. 

Untuk fungsi perawat dimanapun dan kapapun umumnya ada 3 yaitu independen (melakukan tindakan mandiri berdasarkan ilmu keperawatan), dependen (melakukan tindakan layanan kesehatan atas pelimpahan wewenang) dan interdependen (mampu bekerjasama dengan tim medis atau tim kesehatan lainya). 

Nah, menyinggung soal tugas perawat, setiap pelayanan kesehatan biasanya memiliki surat keputusan sendiri-sendiri mengenai hal ini. Namun tetap harus merujuk pada UUK no 38 tahun 2014 serta Permen PAN & RB No 35 Tahun 2019. Apa sajakah itu? selengkapnya baca disini mengenai tugas pokok perawat terampil

Semoga dengan pembahasan ringan seputar Definisi Perawat dan Keperawatan bisa menambah wawasan anda soal profesi kesehatan yang satu ini. Terima kasih dan jangan lupa share artikelnya agar lebih memberikan manfaat kepada banyak orang. 

SUMBER REFERENSI

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

One Comment

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *