Cara Efektif Membuat NIRA PPNI Bagi Perawat

Update 2020 Cara Membuat NIRA PPNI bagi perawat dulunya cukup mudah karena setelah anda lulus, bisa langsung aktif keanggotanya. Namun setelah adanya pembaharuan dari organisasi profesi tahun 2019, maka seluruh lulusan perawat baru tidak bisa langsung menjadi anggota PPNI.

Cara Efektif Membuat NIRA PPNI Bagi Perawat
Cara Membuat NIRA PPNI Bagi Perawat

Jadi, para perawat baru dapat memiliki nira jika sudah dinyatakan bekerja di suatu instansi, perusahaan atau berkaitan dengan layanan kesehatan. Caranya pun agak berbeda dari tahun sebelumnya karena anda diharuskan mendaftarkan diri lewat situs resmi organisasi yaitu ppni-inna.org (online).

Sebenarnya ada cara lebih mudah yakni ketika anda sudah diterima di tempat kerja (fasilitas kesehatan), biasanya pengurusan NIRA maupun pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) akan diproses melalui komisariat instansi secara kolektif (dari seluruh perawat baru yang bekerja di tempat tersebut).

Nah, jika ingin mengurus secara independen yang tentunya tidak membutuhkan waktu lama, maka anda tinggal membuka situs utama PPNI yang disebutkan diatas tadi. Oh ya, sebelum berlanjut ke tutorailnya, tahukah anda apa itu NIRA dan seberapa penting untuk perawat khususnya bagi lulusan baru?

Pengertian NIRA PPNI

NIRA merupakan singkatan dari Nomor Induk Registrasi Anggota Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang diterbitkan resmi oleh DPP (Dewan Pengurusan Pusat) PPNI. Bisa dibilang, nira sangat penting bagi perawat untuk mengurus persyaratan pembuatan STR.

Kalo anda tidak memiliki STR, jelas nantinya tidak akan bisa bekerja di fasilitas kesehatan. Bahkan meski diterima bekerja disana, anda kemungkinan besar tidak akan diberi jabatan sebagai perawat melainkan jabatan selain itu.

Jadi, bila sampai sekarang masih belum terdaftar sebagai anggota PPNI yang dibuktikan dengan kepemilikan NIRA maka segera daftarkan diri anda supaya diakui oleh organisasi PPNI sebagai anggota aktif.

Lantas, bagaimana proses pembuatanya? Mudah sekali kok, anda tinggal mengikuti tutorialnya dibawah ini step by stepnya. Ingat! jangan sampai ada yang terlewat karena kalo tak terisi semua biodatanya pasti tidak bakal berhasil.

Baca juga  PERAWAT MASUK! Cara Mudah Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI

Manfaat Memiliki NIRA PPNI

Ada banyak manfaat ketika anda sudah memiliki NIRA, berikut beberapa hal penting yang anda dapatkan ketika sudah menjadi anggota PPNI secara resmi, diantaranya,

  1. dibutuhkan untuk mengurus pembuatan STR baru dan perpanjangan STR bagi perawat.
  2. dibutukan untuk pemrosesan input data SKP dari PPNI
  3. dibutuhkan untuk mendapatkan surat rekom PPNI
  4. dibutuhkan pengurusan SIPP atau SIKP
  5. dibutuhkan untuk membantu permasalahan yang dihadapai perawat ketika melalukan praktik atau tindakan asuhan keperawatan
  6. mendapatkan perlindungan dan pembelaan dari organisasi profesi
  7. bisa mengikuti seluruh kegiatan organisasi
  8. mendapat kesempatan untuk mengembangkan ilmu atau ketrampilan yang diadakan organisasi

Syarat Pengajuan NIRA PPNI

Untuk syaratnya sendiri tidaklah sulit karena anda hanya perlu menyiapkan 3 dokumen utama yang meliputi,

  • KTP
  • ijazah kelulusan sebagai perawat
  • email aktif
  • siapkan biaya pendaftaran sebesar 360 ribu (sesuai dengan AD/ART organisasi PPNI

Cara Registrasi NIRA Secara Online

1. Silahkan buka laman resminya di ppni-inna.org lalu klik menu registrasi

2. Maka akan muncul gambar seperti ini lalu klik perawat dalam negri

3. Setelah masuk, lengkapi isian biodata lengkap mulai dari KTP, pendidikan terakhir, upload ijazah, alamt unit kerja hingga memasukkan email aktif. Lihat gambar berikut

4. Jika sudah selesai mengisi semua datanya, klik Daftarkan

5. Tunggu beberapa saat, maka anda akan menerima proses verifikasi dari PPNI melalui email yang didaftarkan tadi

6. Jika dinyatakan pendaftaran berhasil, kini tinggal menunggu email selanjutnya terkait pembayaran uang pendaftaran anggota sebanyak 360 ribu

7. Segera selesaikan proses pembayaran registrasi keanggotan melalui transaksi VA (Virtual Account) yang biasanya lewat Bank BNI.

8. Bila tranksasi sudah selesai, maka anda tinggal menunggu email dari PPNi tentang pemberitahuan NIRA beserta passwordnya. CATAT!

alu registrasi NIRA PPNI bagi perawat
alu registrasi NIRA PPNI bagi perawat

Kini, semua rangkaian Pembuatan NIRA PPNI Bagi Perawat sudah selesai. Segera anda mencobanya untuk login di situs resminya tadi dengan mengklik menu membership lalu masukkan nomor NIRA beserta passwordnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *