Segini, Biaya Kuliah Keperawatan Di Universitas Favorit

Hingga kini program studi keperawatan masih kerap dipilih banyak mahasiswa. Agar dapat mempersiapkannya, ketahui Biaya Kuliah Keperawatan selengkapnya di sini!

Biaya Kuliah Keperawatan
Segini, Biaya Kuliah Keperawatan Di Universitas Favorit

Ketika memilih jalur pendidikan, biaya tentu menjadi hal utama yang perlu diketahui. Terlebih, biaya kuliah tak bisa dianggap enteng. Di sini, anda bisa memahami lebih dahulu biaya kuliah keperawatan dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

Disisi lain, program pendidikan keperawatan pun hadir dalam beberapa jenjang. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu kebutuhan serta tujuan pendidikan inginya seperti apa.

Dengan memiliki gambaran biaya, anda pun bisa mempersiapkan perkualiahan secara matang. Yuk, simak penjelasannya!

Pada dasarnya pendidikan keperawatan memiliki beberapa jenjang, mulai dari diploma (D3), sarjana (S1), Profesi (S1 ners) hingga pascasarjana. Nah, kali ini anda bisa mengetahui lebih luas perkiraan biaya kuliah keperawatan di Indonesia dari 4 universitas favorit.

Baca juga  11 Peluang Kerja Jurusan Keperawatan Yang Menjanjikan

Biaya Kuliah Keperawatan di 4 Universitas Favorit

1. Universitas Indonesia

Tak bisa dipungkiri, universitas nomor satu di tanah air ini memang menjadi banyak tujuan para calon mahasiswa.

Tak terkecuali, program studi keperawatan di Universitas Indonesia. Selain memiliki kualitas pembelajaran yang baik, perguruan tinggi ini bahkan menawarkan banyak pilihan jenjang pendidikan.

Khusus program sarjana, biaya kuliah dibagi dalam 5 golongan. Masing-masing mahasiswa dapat memilih golongan/ kelas sesuai kesanggupan yang berkisar pada Rp10 juta – Rp20 juta. Berbeda pula biaya bagi mahasiswa kurang mampu, yaitu sekitar Rp0 – Rp7,5 juta.

Sementara pascasarjana tersedia program sarjana ekstensi dengan biaya sekitar Rp23 juta. Ada pula program profesi dengan biaya sekitar Rp14 juta. Pada program pascasarjana, biaya kuliah keperawatan di jakarta ini, mencakup uang pangkal dan biaya operasional pendidikan.

2. Universitas Padjadjaran

Tak kalah peminat, pendidikan keperawatan di Universitas Padjadjaran (UNPAD) pun banyak dipilih calon mahasiswa. Bahkan, program studi keperawatan Unpad merupakan kedua tertua di indonesia. Jadi, tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Ada beberapa jenjang pendidikan yang ditawarkan, yaitu program sarjana dan pascasarjana. Pascasarjana sendiri meliputi program profesi Ners dan magister ilmu keperawatan.

Biaya kuliah keperawatan Unpad bisa dibilang cukup terjangkau, yakni berkisar Rp500 ribu – Rp2,5 juta per semesternya. Nilai biaya bergantung pada golongan dan jalur tes yang diikuti calon mahasiswa.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki program studi keperawatan yang bergabung dalam Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Pendidikan yang ditawarkan bagi calon perawat di sini sudah mengikuti standar internasional.

Tersedia beberapa jenjang antara lain program pendidikan akademik (Sarjana) dan program profesi (Ners). Biaya yang ditawarkan cukup beragam mengikuti golongan para mahasiswa. Kisaran biaya kuliah keperawatan di UGM mulai dari Rp500 ribu – Rp18,5 juta.

Kualitas kampusnya pun terbukti dengan raihan akreditasi A oleh LAM PTKes. UGM juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi dan universitas dari berbagai negara. Jadi, tak heran jika lulusannya mampu memiliki karir di dalam maupun luar negeri.

4. Universitas Brawijaya

Terakhir, ada Universitas Brawijaya (UB) yang turut menjadi favorit di kalangan umum. Kualitas pendidikan yang ditawarkan tentu tak boleh diremehkan. Nilai akreditasi A pun telah dipegang oleh jurusan keperawatan UB.

Biaya kuliah disana cukup bervariasi, bergantung pada jalur penerimaan serta golongan calon mahasiswa.

Untuk jalur umum, biaya berkisar pada Rp500 ribu – Rp8,7 juta. Sedangkan jalur mandiri, biaya yang diperlukan sekitar Rp9,6 juta – Rp55 juta.

Itulah empat Universitas yang memiliki program studi keperawatan paling diminati. Jika salah satunya adalah tujuan anda, maka gambaran Biaya Kuliah Keperawatan di Indonesia dan semoga bisa membantu anda untuk mempersiapkannya, terima kasih.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *