Anak Baru? Begini 3 Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja

Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja – Perilaku adaptasi dengan perubahan itu adalah elemen dasar menjadi manusia, tetapi tidak selalu mudah untuk unggul dalam hal itu.

Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja
Anak Baru? Begini 3 Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja

Kemampuan beradaptasi membutuhkan kemampuan untuk mengubah pola pikir dan tindakan anda secara positif, seringkali dengan cara yang awalnya tidak nyaman atau bahkan membuat stres, untuk menaklukkan tantangan baru.

Anda dapat dengan mudah menemukan contoh-contoh kemampuan beradaptasi dari kisah-kisah sukses baik individu maupun perusahaan. Sebagian besar  orang pada akhirnya harus beradaptasi dengan perubahan yang mereka bawa ke pekerjaan, baik bersifat positif maupun negatif.

Pekerja modern harus terus belajar dan unggul dalam perangkat lunak, aplikasi, peralatan, dan mesin baru. Elemen perubahan ini, dalam dunia kerja pergerakanya sangat cepat yang berarti pengusaha selalu lebih bersedia untuk merekrut dan mempromosikan pekerja yang menunjukkan kemampuan beradaptasi dengan sangat baik di tempat kerja.

Sebelum ke pembahasan inti, menyinggung soal proses rekrutan calon pekerja pun tidaklah seperti dulu. Di era serba digitalisasi sekarang, banyak perusahaan yang ikut menerapkan perekrutan lewat tes bahasa inggris masuk kerja demi mendapatkan kualitas terbaik karena hampir semua penunjang data berbasis online minimal perlu pemahaman bahasa asing itu.

Belum selesai sampai disitu, tak jarang juga anda bakal didesak untuk segera berapdatasi dengan lingkungan baru, segera mempelajari supaya tidak kalah saing dengan karyawan-karyawan lama.Lalu, gimana caranya? Tenang, anda akan segera menemukan solusinya disini.

Baca juga  5 Skill Yang Wajib Anda Miliki Agar Sukses Dalam Berbisnis

3 Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja

1. Tetapkan Motivasi Anda

Perubahan tidak mudah bagi kebanyakan orang, terutama jika semuanya berjalan baik dan tatanan dunia baru di tempat kerja penuh dengan ketidakpastian. Jika anda selalu mencari metode peningkatan diri, misalnya kesempatan utama untuk belajar bagaimana menjadi lebih akomodatif dan fleksibel di tempat kerja.

Oleh karenanya, dalam struktur, manajemen bisnis, atau lokasi departemen juga dapat mengarah pada hubungan baru yang anda cari, baik untuk jenjang karier atau jaringan pertemanan. Langkah kunci pertama untuk unggul dalam kemampuan beradaptasi adalah menemukan motivator yang membuat diri anda lebih mudah untuk beradaptasi.

2. Amati dan Pelajari

Setiap orang yang sukses telah belajar sesuatu dari orang-orang di sekitar mereka, baik kolega, keluarga, teman atau mentor terdekat. Jutaan video cara-cara di youtube membuktikan fakta bahwa lebih mudah dipelajari ketika anda menonton seseorang yang sudah menguasai tugas tertentu.

Itu prinsip yang sama dalam pekerjaan dan lingkungan baru anda. Mengamati orang lain juga dapat membantu ketika berhadapan dengan klien, pesaing, dan bahkan seorang bos.

Seperti atlet yang mempelajari video lawan mereka, mengetahui bagaimana orang lain berpikir dan bertindak dalam situasi tertentu dapat membantu anda mempersiapkan respons secara otomatis. Persiapan awal ini memungkinkan untuk lebih cepat beradaptasi dengan tantangan yang sifatnya mendadak.

3. Ajukan Pertanyaan

Selain melakukan observasi, anda juga perlu belajar dengan mengajukan pertanyaan. Ketika perubahan besar terjadi di tempat kerja, termasuk restrukturisasi atau sistem komputer yang sama sekali baru, beberapa kekhawatiran atau kebingungan dapat dipahami.

Satu-satunya cara untuk memerangi hal tersebut adalah dengan mengajukan pertanyaan sampai anda sepenuhnya memahami semua perubahan yang terjadi.

Simpan beberapa pertanyaan untuk rekan kerja anda yang mungkin telah memahami beberapa aspek perubahan lebih baik daripada anda. Teman-teman di departemen lain mungkin juga memiliki akses ke informasi yang berbeda.

Jadi, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin baik diri anda mampu beralih ke sistem baru. Satu catatan penting, selain tuntutan kerja bagi anak baru agar bisa segera beradaptasi, ada beberapa perusahaan juga menerapkan uji teori maupun kompetensi bagi para pekerjanya, salah satunya mengadakan tes bahasa inggris untuk karyawan hingga pengoperasian layanan digital.

Tujuanya, jelas demi menguji kualitas mereka apakah layak untuk nantinya dipromosikan dan menempati jabatan lebih tinggi. Jadi, meski anda anak baru jangan sampai kalah dengan karyawan yang sudah lama, karena persaingan akan selalu ada, maka sembari beradapatasi, latihlah terus komunikasi bahasa asing anda karena suatu saat pasti akan berguna.

Semoga, informasi mengenai 3 Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja Yang Baru bisa membantu dimanapun tempat kerja anda yang baru, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri untuk selalu bekerjasama dengan orang lain meski hanya sebagai junior.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

data-matched-content-ui-type=”text” data-matched-content-rows-num=”3″ data-matched-content-columns-num=”1″

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *