Ingat! 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun Yang Benar Menurut WHO

6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun Yang Benar – Kebersihan tangan termasuk hal utama untuk mencegah berbagai macam resiko penyakit. Apalagi saat ini dunia sedang dibuat gaduh oleh virus corona yang sudah menyebar dalam skala besar. Oleh sebab itu, salah satu tindakan pencegahanya adalah menerapkan 6 langkah cuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar.

Cuci Tangan 6 Langkah Yang Benar Menurut WHO
Ingat! Cara Cuci Tangan 6 Langkah Yang Benar Menurut WHO

Tahukah anda bahwa mencuci tangan ternyata mampu menurunnkan angka penularan infeksi berbagai jenis penyakit ringan sampai berat seperti influenza, batuk, diare sampai hepatitis A sebanyak 50%. Jadi tujuannya tidak hanya menjaga kebersihan tangan saja namun juga untuk menjaga kondisi tubuh anda selalu sehat setiap saat.

Sayangnya, sebagian masyarakat pun nampaknya tidak terlalu peduli dengan cuci tangan yang dianggap terlalu biasa. Padahal buktinya benar-benar ada, setiap langkah cuci tangan saja sudah diteliti oleh WHO demi menjamin kebersihan tangan maupun setiap jari-jari anda.

Menilik dari para peneliti Glaswow Caledonia University di Skotlandia bahkan langsung membuktikanya dengan mengamati 42 dokter dan 78 perawat yang kerap menerapkan langkah-langkah cuci tangan dan hasilnya minim sekali adanya bakteri, kuman atau sejenisnya di tubuh mereka.

WHO sendiri mengatakan teknik cuci tangan ini terbagi menjadi dua yakni menggunakan handrub atau cairan antiseptik (alkohol sejenisnya) dan satunya menggunakan sabun dengan dialiri air yang mengalir. Keduanya tidaklah sama meski memiliki satu tujuan yakni menjaga kebersihan tangan.

Pertama, untuk handcrub bisa dilakukan dimana saja asalkan anda membawa antiseptik sehingga cukup mengoleskanya ke tangan saja. Waktu yang diperlukan pada teknik ini yaitu 20-30 detik.

Kedua, untuk handwash jelas wajib dilakukan dengan sabun dan air mengalir. Sementara waktu yang dibutuhkan adalah 40-60 detik sesuai standar WHO. Dan saat ini anda akan menerapkan langkah handwash ini.

6 Langkah Cara Cuci Tangan Pakai Sabun Yang Benar

1. Langkah yang benar menurut WHO adalah menggosok kedua telapak tangan dengan cara saling menempelkan bagian telapak tangan dibawah air mengalir (sembari dilumuri sabun).

2. Kedua, menggosok bagia kedua punggung tangan dengan melewati sela-sela jari tangan. Jadi, jangan asal menggosok lho, gunakan telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri begitu juga sebaliknya.

3. Dilanjutkan menggosok telapak tangan dan sela-sela jari kedua tandang dengan saling menyilangkan satu sama lain. Ingat, gosoklah secara benar karena bagian ini seringkali dilupakan yang pada akhirnya bibit-bibit kuman, virus, bakteri dan sejenisnya masih menempel disana.

4. Tahap keempat, menggosok bagian dalam jari-jari tangan. Caranya, gogok bagian dalam dan punggung jari tangan dengan posisi ujung jari saling mengunci.

5. Kemudian menggosok ibu jari kiri dengan cara diputar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan hal serupa pada ibu jari kanan.

6. Kuncupkan ujung jari-jemari kanan di atas telapak tangan kiri lalu putar dengan arah berlawanan. Setelah itu, terapkan hal serupa pada telapak tangan kanan.

Bila sudah selesai, segera bilas dengan air mengalir sampai bersih. Jangan lupa tutup kranya menggunakan tisue atau siku tangan. Nah, mungkin anda bertanya-tanya kapan waktu tepat untuk melakukan 6 langkah cuci tangan tersebut?

Baca juga  3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil

Jika anda berada atau bekerja di klinik kesehatan atau rumah sakit, maka lakukan 5 moment penting cuci tangan ini.

a. sebelum kontak dengan pasien
b. sebelum melakukan tindakan aseptik
c. setelah kontak dengan pasien,\
d. setelah terkena cairan tubuh pasien
e. setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien

Sedangkan kalo untuk keseharian entah itu di rumah atau saat berkunjung ke tetangga dan sebagainya maka bisa melakukan cuci tangan di beberapa moment penting.

a. sebelum makan
b. selama dan setelah menyiapkan makanan
c. sebelum dan setelah merawat orang sakit
d. sebelum dan sesudah merawat luka
e. setelah bersin dan batuk
f. setelah menggunakan toilet
g. Setelah mengganti popok dan membersihkan si kecil
h. setelah menyentuh sampah
i. setelah membersihkan kotoran hewan

Semoga dengan melakukan 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun Yang Benar Menurut WHO, anda bersama keluarga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Jadi, mulai sekarang segera biasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar ya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *