Cara Efektif Berantas dan Obati Rhinitis Alergi Dengan Mudah

Pernahkah anda mengalami alergi? Tentu bukan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, apakah sering mengalami flu secara tiba-tiba tanpa menyadari penyebab utamanya? Jika iya, maka bisa jadi anda sedang mengalami gejala rhinitis alergi. Nah, sebelum menuju ke topik utama tentang Cara Mengobati Rhinitis Alergi, yuk cari tahu dulu pengertianya dan beberapa hal penting untuk dipahami.

Cara Efektif Berantas dan Obati Rhinitis Alergi Dengan Mudah
Cara Efektif Berantas dan Obati Rhinitis Alergi Dengan Mudah

Apa Itu Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat peradangan membran mukosa di hidung entah karena alergi atau tidak alergi. Penyebab alergi bisa berasal dari berbagai hal mulai dari udara, debu sampai serbuk sari. Agar terbebas dari serangan rhinitis alergi, sebetulnya ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan dan juga tergantung dari seberapa menganggunya gejala tersebut timbul. Seperti misalnya,

a. Menggunakan semprotan hidung dengan saline
b. Mengkonsumsi obat kortikosteroid untuk mencegah peradangan
c. Memakai semprotan hidung antihistamin agar mengurangi gejalanya
d. Mengkonsumsi antihistamin oral (cetirizine, loratadine, fexofenadine, dihphenhydramine)
e. Menggunakan semprotan nasal kortikosteroid (triamcinolone, fluticasone)

Beberapa situs kesehatan pun sudah banyak mengulas mengenai penyakit secara lengkap, salah satunya anda bisa mengunjungi kesini guesehat.com/rhinitis-non-alergi-non-allergic-rhinitis.

Baca juga  CATAT! Jam-Jam Penting Organ Tubuh yang Harus Dipahami

Cara Mencegah Penyakit Rhinitis Alergi

1. Mandikan Hewan Peliharaan Secara Rutin

Punya hewan peliharaan di rumah? Memiliki hewan peliharaan tentu menyenangkan karena anda serasa memiliki teman baru yang menggemaskan dan bisa diajak bermain bersama. Tapi, saat memutuskan memelihara hewan seperti kucing atau anjing, maka anda perlu secara rutin merawat hewan tersebut. Sebab, hewan peliharaan yang tidak terawat bisa menjadi salah satu pemicu rhinitis alergi.

Bulu-bulu hewan yang tidak bersih menjadi alasan mengapa seseorang bisa terkena alergi bahkan potensinya cukup besar. Jadi, perlu sekali untuk memandikan hewan peliharaan secara rutin agar tidak menjadi penyebab utama rhinitis alergi yang menyerang anggota keluarga anda.

2. Hindarkan Hewan Peliharaan Dari Karpet

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tentu ada dilema tersendiri mengenai dimanakah tempat tidur yang tepat untuk mereka. Sebab, jika dibawa masuk ke dalam rumah, dikhawatirkan akan menyebarkan kotoran yang terbawa dari luar. Sementara itu, jika diberikan tempat diluar rumah tak jarang pemiliknya merasa tidak tega.

Salah satu hal yang pasti dalam menentukan apakah Anda akan meletakkan hewan peliharaan di dalam atau rumah yakni menghindarkan hewan tersebut dari karpet. Sebab, karpet bisa menjadi tempat berkumpulnya rhinitis alergi yang dibawah oleh hewan peliharaan Anda.

Cara Mengobati Rhinitis Alergi

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa pengobatan rhinitis alergi ada banyak macamnya baik itu obat hisap maupun obat oral yang langsung dikonsumsi oleh penderita.

Diantara banyak jenisnya, modexa nasal spray bisa anda jadikan alternatif utama dalam meredakan rhinitis baik disebabkan oleh alergi menahun atau rhinosinusitis ringan/sedang tanpa disertai komplikasi. Obat ini cukup mudah didapatkan tidak hanya tersedia di apotek saja namun juga bisa membelinya secara online.

Untuk dosisnya sendiri berbeda antara penderita rhinitis anak-anak dan orang dewasa. Berikut detailnya.

a. anak usia 2-11 tahun diberikan 1 semprotan per hari (setiap lubang hidung)
b. anak 12 tahun keatas diberikan 2 semportan per hari
c. dewasa usia 18 tahun ke atas dan lansia diberikan 2 semprotan 2 kali sehari (setiap lubang hidung)

Sebagai catatan, dosis bisa berubah-ubah dan agar lebih aman, sebaiknya anda terlebih dulu konsultasi dengan dokter. Sumber lengkap silahkan baca disini goapotik.com/produk/modexa-0-05-nasal-spray-botol-60-dosis.

Ingat! Jangan lupa untuk selalu jaga kondisi kesehatan anda. Bila muncul tanda gejala yang mengarah pada penyakit ini segera ikuti dan terapkan Cara Mengobati Rhinitis Alergi sebagai langkah awal pencegahan. Terima kasih.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *