Trik Ampuh Download Semua Jurnal Yang Terkunci, Gratis!

Pengen tahu tips sederhana Cara Download Jurnal Yang Terkunci Gratis? Ternyata mudah banget lho, dijamin gak ribet karena anda hanya perlu beberapa langkah saja.

Cara Download Semua Jurnal Yang Terkunci
Trik Ampuh Download Semua Jurnal Yang Terkunci, Gratis!

Jadi, bagi anda yang sedang belajar di sebuah perguruan tinggi, guru, dosen hingga para peneliti tidak akan lagi kesulitan untuk mencari referensi jurnal berbasis elektronik yang tersebar di internet.

Tak bisa dipungkiri, bahawa keberadaan jurnal sekarang ini begitu penting untuk menunjang setiap karya ilmiah yang dibuat oleh seseorang. Umumnya, didalamnya berisi laporan penelitian, survey, studi literatur dan masih banyak lagi.

Namun, tidak semua bagian setiap jurnal dipublikasikan lengkap dan mungkin anda pernah menemuinya bukan? Misalnya, saat mencari jurnal keperawatan yang kemudian hanya terpublikasi bagian judul beserta abstraknya saja, sementara bagian metodologi, analisi hingga implikasi tak ditayangkan.

Artinya, jurnal tersebut terkunci dan bisa jadi harus menjadi member premium (berbayar) untuk bisa mengaksesnya. Oleh sebab itu, bagi anda yang kurang memiliki budget ada solusi sederhana dengan memanfaatkan situs bernama SCI-HUB.

Beneran bisa? Tentu, dengan syarat anda cukup menemukan jurnal yang sudah tercantum DOI (Digital Object Identifier), dimana merupakan link permanen pada suatu dokumen elektronik sebagai tanda bahwa jurnal atau karya ilmiah itu terakreditasi oleh Kemristekdikti.

Baca juga  14 Daftar Situs Jurnal Keperawatan Untuk Referensi KTI Atau Skripsi

Cara Download Jurnal Yang Terkunci Gratis

1. Langkah pertama, cari jurnal yang anda inginkan melalui google. Sebagai contoh, copy-paste saja alamat jurnal dibawah ini pada browser,

apastyle.apa.org/style-grammar-guidelines/references/examples/journal-article-references

2. Berikutnya, cari link DOI yang ada di jurnal tersebut. Nah, alamat diatas mencantumkan link DOI di sumber referensi, lihat gambar dibawah,

Tampilan DOI Pada Sebuah Jurnal Internasional
Tampilan DOI Pada Sebuah Jurnal Internasional

3. Selanjutnya, buka situs sci-hub dan pastekan salah satu link DOI diatas tadi. Maka dalam sekejap, jurnal yang sebelumnya terkunci akan langsung terbuka lengkap mulai dari bagian abstrak sampai daftar referensi. Lihat gambar berikut,

Tampilan Jurnal Versi Full Lewat Sci-Hub
Tampilan Jurnal Versi Full Lewat Sci-Hub

4. Langkah terakhir, tinggal download jurnalnya dengan cara klik arah panah ke bawah di bagian pojok kanan atas atau klik ikon print untuk mencetak hard copy-nya.

Gampang kan? Langkah Mudah Download Semua Jurnal Yang Terkunci bisa diterapkan hampir di semua jenis jurnal karena penulis sendiri sudah mencobanya.

Oh ya, alternatif lain bilamana anda kesulitan menemukan DOI pada jurnal, copy paste saja alamat URL jurnal di dalam sci-hub, semoga berhasil. Kalo ada yang masih kebingungan, bisa cek di video berikut ini.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

data-matched-content-ui-type=”text” data-matched-content-rows-num=”3″ data-matched-content-columns-num=”1″
12 Comments

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *