MUDAH, Begini Cara Cek Status Mahasiswa Via Online

Cara Cek Status Mahasiswa Via Online sangat mudah hanya dengan memanfaatkan internet dan situs resmi milik pemerintah Indonesia.

Cara Cek Status Mahasiswa Via Online
MUDAH, Begini Cara Cek Status Mahasiswa Via Online

Jadi, selama anda memiliki koneksi internet dan perangkat pendukung, maka sudah bisa melakukan pengecekan status mahasiswa baik sebelum lulus maupun berstatus alumni dari sebuah perguruan tinggi.

Mungkin ada yang belum tahu mengenai hal ini? Jelas, untuk mengetahui status mahasiswa anda yakni melalui DIKTI (Direktoral Jendral Perguruan Tinggi) yang berada dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta PDPT (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

Baca juga  MUDAH! Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online

Cara Cek Status Mahasiswa Via Online

Sebelumnya, pastikan perangkat anda sudah terhubung ke jaringan internet. Berikut cara mengetahui data mahasiwa secara online dengan cepat dan tepat.

1. Buka Situs  Forlap Kemendikbud

Langkah pertama, langsung buka situs resmi forlap Kemendikbud lewat link ini forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa

2. Pencarian Data Mahasiswa

Setelah itu akan muncul pencarian data mahasiswa yang terdiri dari 3 kolom yaitu Perguruan Tinggi, Kata Kunci dan Pengaman.

Kolom Pencarian Data Mahasiswa
Kolom Pencarian Data Mahasiswa
3. Isi Data Yang Dibutuhkan

Kemudian isikan semua data yang diperlukan. Di kolom “Perguruan Tinggi”, isikan Universitas tempat di mana anda menempuh pendidikan. Lalu isikan progam studi yang diambil atau jurusan

Di bagian kata kunci akan diminta untuk memasukan nama mahasiswa, silahkan isi nama Anda atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa). Terakhir, jangan lupa untuk mengisi kolom “Pengaman”.

Cara Pengisian Kolom Data Mahasiswa Secara Online
Cara Pengisian Kolom Data Mahasiswa Secara Online
4. Data Mahasiswa

Jika semua sudah Anda isi, silahkan klik “Cari Mahasiswa”. Setelah itu, data mahasiswa akan muncul. Data tersebut berisi NIM, Nama Mahasiswa, Jenjang, Perguruan Tinggi, dan Program Studi.

Jika Nama dan NIM sudah ditemukan, silahkan klik pada kolom “Nama Mahasiswa”. Disitulah anda akan melihat profil mahasiswa secara lengkap mulai dari Nama, Jenis Kelamin, Perguruan Tinggi, Program Studi, Nomor Induk Mahasiswa, Semester Awal, Status Awal Mahasiswa, Riwayat Studi serta Status Mahasiswanya.

Hasil Pencarian Mahasiswa
Hasil Pencarian Mahasiswa
5. Semua Informasi Valid

Jangan khawatir, semua informasi mahasiswa di situs Forlap Kemdikbud valid dan terpercaya. Semua data yang ditampilkan di laman ini berasal dari pelaporan data perguruan tinggi.

Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi) sama sekali tidak menambah, mengubah atau bahkan menghapus data tanpa ada permintaan dari perguruan tinggi.

Kerugian Data Mahasiswa Yang Tidak Terdaftar

Seharusnya mahasiswa terdaftar di DIKTI. Ya, karena data mahasiswa di DIKTI sangatlah penting untuk berbagai keperluan.

Banyak kerugian jika mahasiswa tidak terdaftar di laman resmi forlap Kemendikbud tersebut, diantaranya sebagai berikut,

  • kesulitan mendapatkan rujukan beasiswa, jika data mahasiswa tidak terdaftar di DIKTI, maka mahasiswa akan kesulitan mendapatkan rujukan untuk beasiswa, perlombaan tingkat mahasiswa, dan kepentingan lainnya.
    Hal ini karena di PDDIKTI digunakan sebagai rujukan pemberian beasiswa kepada mahasiswa, penelitian, perlombaan tingkat mahasiswa dan berbagai hal penting lainnya.
  • kesulitan saat pengajuan pindah kampus, bahwa data mahasiswa ini sangat penting terutama jika mahasiswa akan pindah ke perguruan tinggi lain.
    Universitas yang dituju akan memeriksa data calon mahasiswa di perguruan tinggi sebelumnya. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar universitas tidak menerima mahasiswa yang ilegal.

Nah, itulah informasi mengenai Cara Cek Status Mahasiswa Via Online yang bisa anda lakukan kapan saja baik melalui smartphone, laptop, atau perangkat lainnya.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

16 Comments

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *