5 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Nyeri Haid – Nyeri haid atau dismenore merupakan sebuah kondisi yang sering dialami oleh sebagian besar wanita, pada masa menstruasi. Gejala yang muncul hampir mirip dengan kram di perut bagian bawah. Selain itu, kemungkinan besar penderita dismenore juga akan merasakan badan terasa tidak enak seperti sakit punggung bagian bawah, mual, diare serta sakit kepala.

Lalu, bagaimana mengatasi dismenore? Karena hal ini seringkali menjadi keluhan utama para wanita, sebab saat menstruasi mereka tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

5 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan
5 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan (foto: ifreeindonesia.com)

Disisi lain, beberapa mitos justru mengatakan jika perut terasa nyeri akibat dari proses menstruasi cenderung berbahaya, benarkah demikian?  Sebenarnya tidaklah beresiko karena menurut ilmu kesehatan bahwa hal itu normal dan memang siklus bulanan yang terjadi pada wanita.

Namun ketika anda mengalami haid dan terlalu banyak mengeluarkan darah, maka dianjurkan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan atau puskesmas terdekat agar memperoleh penanganan lebih lanjut. Dikhawatirkan tidak hanya nyeri saja yang dirasakan bahkan bisa mengarah pada kehilangan banyak darah sehingga membuat anda lemas kemudian berakhir dengan pingsan.

Baca juga  3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

1. Menggunakan Suhu Panas

Anda dapat meletakkan benda bersuhu tinggi untuk meredakan nyeri haid. Cara mengatasi dismenore satu ini terbilang cukup mujarab. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan botol air yang diisi air panas, kemudian dibalut dengan kain. Letakkan botol tersebut pada bagian perut yang sakit. Gampang kan?

2. Dengan Pijatan

Beberapa orang menggunakan pijatan untuk menghilangkan rasa sakit saat mentruasi. Anda juga dapat menerapkan langkah kedua ini. Mulailah dengan memijat bagian perut yang terasa sakit dengan gerakan lembut dan memutar, lakukan sekitar 3-5 menit sambil atur pola pernafasan dengan tarik nafas dalam kemudian hembuskan pelan-pelan.

3. Olahraga Teratur 

Cara mengatasi desminore lainnya adalah dengan berolahraga. Olahraga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian perut bawah dan dapat meningkatkan aliran darah. Jika rasa sakit yang anda rasakan terlalu parah, pilihlah olahraga yang lebih ringan seperti berjalan atau meregangkan tubuh di lantai/kasur. Alasan lain kenapa olahraga itu penting, mungkin informasi ini bisa membantu manfaat aktivitas fisik secara teratur.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat meredakan rasa nyeri, seperti coklat, buah nanas, ikan salmon, minuman jahe, susu, yogurt dan sejenisnya. Ketika anda berada pada masa menstruasi, hindari makanan yang mengandung banyak MSG atau makanan dengan bahan pengawet lainnya serta jenis makanan berlemak tinggi.

5. Ifree Indonesia

Cara mengatasi disminore yang sangat ampuh adalah dengan Ifree Indonesia. Tahukah anda bahwa Ifree Indonesia merupakan pad terapi hangat yang dapat membantu meredakan kram di perut saat menstruasi.

Produknya pun terlihat sederhana seperti kompres panas pada anak-anak, jadi tidak perlu dipanaskan dengan listrik atau berupa bantalan yang diisi air panas. Cukup tempelkan di area yang anda inginkan (pada area nyeri). Sangat praktis, bukan?

Demikianlah 5 Tips Alami  Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan. Jika sudah melakukan kelima hal diatas namun belum ada perbaikan sampai 3-4 hari sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau klinik terdekat dari rumah anda.

Salam
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *