4 Kunci Utama Sukses Menjalankan Bisnis Modal Minim

4 Kunci Utama Sukses Menjalankan Bisnis Modal Minim. Kalian pasti sudah mengetahui, bila bisnis pada jaman digital saat ini dapat dimulai hanya dengan menggunakan ide. Sebenarnya banyak sekali fasilitas yang dapat dimanfaatkan, namun hal utama yaitu modal dana masih sangat dibutuhkan.

Jadi, untuk memulai sesuatu yang menghasilkan keuntungan, hampir pasti kalian juga perlu mengawalinya dengan uang juga. Coba sebutkan bisnis apa yang berawal dari modal NOL? tanpa uang lho, pasti jawabanya tidak ada.

Meskipun begitu, kalian tidak boleh menyerah begitu saja, bila modal bisnis yang dimiliki sangat-sangat terbatas. Ada banyak kok untuk memulai bisnis modal kecil dan benar-benar mewujudkan ide kalian menjadi kenyataan. Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengawalinya? Jangan khawatir, ada beberapa kunci utama yang bisa diterapkan sehingga bisnis kalian bisa tetap berjalan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

4 Kunci Utama Sukses Menjalankan Bisnis Modal Minim

1. Tentukan Bidangmu

Hal paling mudah untuk mengatasi keterbatasan modal adalah memilih bidang yang benar-benar kalian kuasai. Hanya dengan memilih bidang yang tepat, kalian dapat menghemat banyak dana. Misalnya, bila kalian memilih bidang yang kurang dikuasai, tentu akan butuh jasa konsultan. Dengan memilih bidang yang kalian kuasai, konsultan tidak akan kalian butuhkan dan hal ini dapat menghemat banyak uang.

2. Lakukan Promosi

Karena memiliki dana terbatas, maka kalian dapat menggunakan promosi paling tradisional, yaitu promosi dari mulut ke mulut. Kalian dapat memberitahu mengenai bisnis yang sedang dijalani pada teman, keluarga, rekan  kerja atau orang-orang di masa lalu yang perah dikenal. Dengan cara ini, ada peluang mereka akan memberitahukan bahkan merekomendasikan bisnis kalian pada orang lain. Dan, terbukalah pintu untuk memperluas jaringan bisnis dan pemasaran kalian.

Tentunya, adanya media sosial yang banyak digunakan orang-orang juga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk promosi bisnis modal kecil. Promosi melalui media sosial online ini sudah terbukti sangat efektif seperti misalnya grop facebook, story facebook, WA story, instagram story maupun update langsung lewat masing-masing sosmed tersebut.

3. Hilangkan Potensi Stress

Ada banyak hal yang berpotensi menghadirkan stress bahkan masalah besar pada perusahaan kalian. Contoh, pembelian perlengkapan yang tidak terlalu diperlukan. Nah, daripada membeli perlengkapan baru saat mau merintis bisnis, alangkah lebih baik untuk menggunakan peralatan lama saja. Tak usah berlebihan dulu, daripada nanti buat kalian pusing harus modal beli ini dan itu.

Baca juga  4 Cara Ampuh Supaya Investor Kepincut Dengan Rencana Bisnis Anda

Silahkan beli apa yang benar-benar dibutuhkan untuk memaksimalkan kelancaran bisnis kalian. Ingat! kebutuhan itu berbeda jauh dengan keinginan. Sekarang, keputusan ada pada diri kalian mau kebutuhan dulu atau keinginan yang diutamakan

4. Kerja Keras dan Doa

Hal terakhir yang dapat kalian lakukan adalah bekerja keras untuk mewujudkan semua target yang sudah ditetapkan di awal memulai bisnis. Bila bisnisnya dimulai dari bawah, kalian mungkin harus menangani semuanya serba sendiri. Mulai dari promosi, pemasaran, desain produk hingga proses produksi.

Namun, bila kalian berkomitmen dan disiplin, maka kerja keras ini akan menghasilkan sesuatu. Bisnis kalian akan bertambah besar dan berkembang. Pada akhirnya, kesuksesan akan dengan mudah diraih. Pada titik ini, modal terbatas yang menjadi masalah di awal bukan lagi menjadi halangan lagi.

Dan ingatlah selalu bahwa doa merupakan senjata paling ampuh dimanapun kalian berada. Entah saat gagal berbisnis, saat emosi ketemu pelanggan ngeyel, saat banyak hambatan di promosi atau produksi. Pokoknya jangan pernah putus dari doa.

Demikianlah 4 Kunci Utama Sukses Berbisnis Modal Minim yang caranya cukup mudah dilaklukan dalam memulai dan menjalankan bisnis kalian. Tinggal sekarang bergantung pada bagaimana kalian menghadapi semua proses dan tantanganya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *