Trik Mudah Mengecilkan Ukuran Gambar (JPG,PNG) Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Trik Mengkompres Gambar JPG/PNG tanpa software sebenarnya hal ini perlu diketahui oleh kalian tidak hanya sebagai pengelola blog tetapi juga bisa untuk memenuhi syarat-syarat lamaran pekerjaan dengan sistem online seperti perusahaan , buat daftar CPNS atau lain sebagainya.

Tentu ketika mengupload file berbentuk JPG atau PNG haruslah berukuran kecil. Kenapa? jawabanya jelas, supaya file tidak terasa berat saat didownload atau diakses oleh orang lain.

Selain itu, mungkin juga kalian pernah mendapati hasil scan gambar atau sejenisnya berukuran besar bahkan sampai mb (megabyte) . Sementara, file yang dibutuhkan ternyata kb (kilobyte), maka dari itu solusi paling cepat dan mudah adalah dengan mengecilkan ukuran gambar tanpa software maupun secara online.

Cara berikut dibilang sangat mudah, kalian yang belum pernah saja setelah mengikuti toturial ini dijamin pasti bisa. Hanya mengikuti 4-5 langkah klik, input, kompres, download dan selesai.

Cara Kompres Gambar JPG/PNG Dengan Ms.Picture Manager

Disini kalian tidak memerlukan apapun, jadi cukup memanfaatkan aplikasi windows bawaan yaitu Microsoft Office Picture Manager dan berikut caranya.

1. Buka gambar yang ingin dikompres bisa berupa JPG atau PNG

2. Kemudian, klik kanan pada gambar lalu pilih open with dan klik bagian Microsoft Office Picture Manager

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG/PNG Tanpa Software

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG/PNG Tanpa Software

3. Maka tampilanya akan seperti ini dan klik bagian edit picture

4. Kemudian akan muncul pilihan resize dan compres gambar, bisanya saya memilih resize karena pengeditanya lebih mudah

5. Tinggal turunkan presentase size gambar dibawah 100% dan jika sudah selesai jangan lupa klik ok lalu save as 

Terakhir, lihat perbandingan ukuran file sebelum dan sesudah di kompres? pasti ukuranya bakal berkurang namun tidak menurunkan kualitas gambar. gampang kan? Kalo dirasa ukuranya terlalu besar, lakukan langkah-langkah diatas tadi.

Baca juga  Terbukti 100%! Cara Ampuh Mengembalikan File Foto Yang Terhapus di Android

Cara Mengkompres Gambar JPG/PNG Secara Online

Cara kedua adalah memanfaatkan website khusus untuk mengkompres gambar yaitu iloveimg.com. Disana ada banyak sekali pilihan, tidak hanya kompres gambar tapi ada resize image, crop image, convert to jpg hingga photo editor. Daripada kelamaan, yuk ikuti tutorialnya dibawah.

1. Buka situsnya iloveimg.com/compress-image

2. Kemudian klik select image, disini kalian juga bisa upload file gambar lewat Gdrive atau Dropbox

3. Setelah itu tunggu beberapa saat dan lanjutkan dengan mengklik compres image. Nah kalo kalian ingin menambahkan gambar lagi, tinggal klik yang ada simbol “+” nya.

4. Jika gambar jpg berhasil terkompres maka akan muncul tampilan seperti dibawah, artinya file kalian sudah tekompres sebanyak 20% dari yang awalnya berukuran 58,99kb menjadi 47,32kb.

Soal kualitas jangan ditanya lagi karena tidak jauh berbeda dengan aslinya. Oke, itu dulu ya sharing pada kesempatan hari ini mengenai Trik Mengecilkan Ukuran Gambar (JPG,PNG) Tanpa Mengurangi Kualitasnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Post Terbaru

  • Baca Juga

  • Archives