WASPADA! Begini Tips Membeli Gadget Second Agar Tak Tertipu

Tips Membeli Gadget Second Agar Tak Tertipu– Saat ini, smartphone menjadi salah satu benda yang dianggap penting bagi hampir semua orang di dunia. Fungsinya utamanya tidak lain, untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi meskipun dipisahkan oleh jarak ruang dan waktu.

Disisi lain, smartphone juga memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang mendukung seseorang dalam pendidikan atau pekerjaannya dengan hadirnya berbagai macam aplikasi canggih.

Tips Membeli Gadget Second Agar Tak Tertipu
WASPADA! Begini Tips Membeli Gadget Second Agar Tak Tertipu

Terlepas predikatnya sebagai tolok ukur dari gaya hidup atau status sosial seseorang, pemilihan jenis smartphone pun patut diperhatikan dan dipertimbangkan ketika akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Namun ada pula beberapa orang yang masih ragu untuk membeli barang bekas, misalnya saja smartphone. Bagi mereka, smartphone bekas akan memberi kerugian, pasalnya belum dipakai terlalu lama malah sudah rewel duluan.

Belum lagi jika tertipu oleh pedagang yang ingin mengambil keuntungan besar. Hal ini memang wajar dikhawatirkan, namun ketika anda sudah mengetahui trik aman sebelum membeli smartphone second, maka akan lebih dulu tahu bahwa hal itu tak selamanya membawa kerugian.

Nah bagi anda yang ingin mencari gadget bekas karena tertarik dengan harga lebih murah, ada tips sebelum membeli gadget nih, yang harus dilakukan supaya bisa mendapatkan smartphone terbaik dan tidak tertipu.

Baca juga  Ternyata Begini Cara Hapus Layanan Pihak Ketiga di Akun Google

6 Tips Membeli Gadget Second

1. Periksa Kelengkapan Barang 

Langkah awal yang bisa anda lakukan ketika ingin membeli smartphone bekas adalah dengan memeriksanya secara detail, terutama kelengkapan seperti kabel USB, charger (pastikan asli), headset, dan barang lainnya serta jangan lupa cek kartu garansi. Karena jika terjadi sesuatu, dengan adanya garansi akan mempermudah anda dalam proses refund (pengembalian) atau perbaikan.

2. Riset Harga 

Smartphone bekas memang dikenal dengan harga murah, namun untuk menghindari kecurangan para pedagang, anda diajurkan melakukan riset harga terlebih dulu sehingga bisa lebih mudah melakukan tawar-menawar. Kalo perlu, bandingkan harga smartphone bekas dengan yang baru dan liat selisih harganya, kemudian putuskan mau  mengambil smartphone yang mana.

3. Beli di Konter Atau Toko Online Terpercaya

Salah satu yang cukup aman untuk membeli smartphone bekas adalah pada orang yang dikenal. Pasalnya kecil kemungkinan orang tersebut akan berbohong, lagi pula anda pun sudah mengenalnya dengan baik. Namun tetap saja, anda sebaiknya tetap melakukan negosiasi harga.

Nah, sekarang ini banyak toko online sudah menerapkan penjualan dengan sistem keamanan terbaik. Jadi, anda bisa berbelanja smartphone baru atau second sepuasnya tanpa khawatir tertipu. Bahkan jika barang yang sudah datang tidak sesuai atau ada kerusakan, maka dapat langsung melakukan refund. 

4. Cek Sistem Kinerja Smartphone 

Bila ingin membeli smartphone bekas ,jangan hanya mengecek bagian luarnya saja, terkadang orang terlena dengan body-nya yang mulus, namun tidak melihat bagaimana kondisi dalamnya. Jangan ragu untuk mengotak-atik fitur smartphone yang akan dibeli. Tombol, baterai, speaker, dan mikrofon serta fungsi lain harus dipastikan dapat berjalan lancar. Coba juga untuk melakukan atau menerima panggilan.

5. Tes IMEI

Beragam smartphone sekarang ini, sangat gampang ditemukan dimana saja, artinya sangat sulit juga membedakan asli tidaknya barang tersebut. Oleh karenanya, anda harus mengetes IMEI smartphone yang bakal beli. Caranya, anda tinggal cek IMEI smartphone melalui kardus ponsel atau melalui *#06#.

6. Cek Baterai

Hal penting lainya adalah kesehatan baterai. Pastikan anda benar-benar teliti pada tahap ini, jangan sampai smartphone mudah drop karena baterai yang sudah tidak sehat. Periksa kembali baterai smartphone bekas yang ingin dibeli apakah sudah menggelembung atau tidak. Sementara, jika ponselnya memiliki baterai tanam, pastikan juga keadaannya normal atau tidak.

Jadi, sebelum anda memutuskan untuk membeli smartphone, catat dulu Tips Membeli Gadget Second Agar Tak Tertipu atau jika abai dengan hal ini, nantinya justru bakal rugi uang dan waktu. Oh ya, mungkin anda ingin tahu tentang perkembangan gadget terbaru, segera kunjungi www.smartfren.com/wow, siapa tahu nantinya ada yang cocok untuk bawa pulang.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *