6 Tips Aman Memilih Sewa Rumah di Jakarta Pusat

Tips Aman Memilih Sewa Rumah di Jakarta Pusat – Sedang bekerja di jakarta pusat dan masih bingung mencari tempat tinggal? Tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah cukup banyak rumah yang disewakan atau dikontrakan dengan harga terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif hunian untuk sementara waktu.

Sewa Rumah di Jakarta Pusat
7 Tips Aman Memilih Sewa Rumah di Jakarta Pusat

Namun, ada satu hal yang perlu anda perhatikan adalah mempertimbangkan beberapa tips aman agar tidak salah memilih persewaan rumah. Sebelumnya, tahukah anda bahwa ada banyak pilihan untuk sewa rumah jakarta pusat dalam bentuk full rumah atau sewa rumah petakan.

Pun periodenya juga bermacam-macam, ada yang menyewakan bulanan, ada yang menyewakan tahunan bahkan ada sampai disewakan per hari. Nah, tidak hanya melihat dari periode penyewaan saja, akan tetapi bentuk rumah, lokasi strategis sampai mengetahui pemilik rumah secara langsung termasuk poin penting yang tidak boleh anda lewatkan.

Dengan begitu, anda nantinya bakal menemukan hunian nyaman dan aman untuk ditempati sendiri maupun bersama keluarga tercinta.

Baca juga  Tips Hemat Memilih Villa di Puncak Agar Tidak Keblondrok, Mau?

6 Tips Aman Memilih Sewa Rumah di Jakarta Pusat

1. Sesuaikan dengan lokasi

Ya, lokasi bisa menjadi pertimbangan utama jika anda hendak menyewa hunian. Kalo bisa, cek secara mendetail lokasi rumah tersebut apakah dekat dengan tempat kerja, apakah dengan fasilitas transportasi, apakah dekat dengan toko swalayan, apakah dekat dengan tempat makan dan sebagainya.

Bila anda menganggap lingkungan sekitarnya sudah cocok dan sesuai keperluan, artinya tempatnya memang strategis sehingga sudah memenuhi syarat pertama.

2. Periksa kondisi rumah

Sebelum mengambil keputusan menyewa rumah, sebaiknya anda periksa dulu kondisi rumah. Buat perjanjian dulu dengan pemiliknya untuk melihat rumahnya secara langsung. Jangan sampai lupa periksa keseluruhan properti rumah mulai dari sistem airnya, ventilasi udara, kunci di setiap pintu, kebersihan ruangan dan wajib menanyuakan kapan terakhir kali rumah sewa tersebut dirawat.

Anda tidak mau kan, ternyata setelah ditempati rumahnya justru malah atapnya tiba-tiba bocor, air tidak mengalir lancar dan berbagai permasalahan lain.

3. Cermati surat penjanjian sewa

Aktivitas sewa rumah merupakan kontrak secar hukum antara anda dengan pemilik rumah. Umumnya, perpanjian sewa menganut pada undang-undang persewaan. Bahkan ada hal-hal khusus yang tidak diatur secara hukum tapi tetap disetujui oleh kedua belah pihak.

Oleh karena itu, harus ada yang namanya hitam diatas putih (surat perjanjian) untuk ditandatangani bersama. Dan sebelum anda memutuskanya, maka cermati apa saja yang tertera pada surat tersebut. Meski mungkin saja hanya hal-hal sepele namun jangan pernah mengabaikanya.

4. Buat skema pembayaran sewa

Biasanya, ada dua opsi pembayaran sewa rumah yaitu bulanan atau tahunan. Jika anda memiliki uang yang cukup, maka boleh mengambil skema pembayaran tahunan dan lebih berpotensi mendapatkan potongan harga (diskon). Jika mungkin terasa berat maka pilih saja periode pembayaran bulanan.

Sebagai catatan, bila anda berencana tinggal di jakarta pusat lebih lama, maka opsi sewa tahunan sepertinya dirasa tepat karena jauh lebih ekonomis. Pada intinya, sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

5. Bayar tepat waktu

Setelah setuju dan deal terkait pembayaran sewa rumah. Segeralah untuk membayar biaya sewa sesuai kesepakatan bersama. Ada beberapa pilihan untuk proses pembayaran seperti lewat cek, uang tunai atau transfer elektronik.

Oh ya, untuk pelunasan bayar sewa sebaiknya pilih transfer elektronik agar ada bukti kuat pembayaran anda, akan tetapi jika anda memilih bayar tunai, pastikan meminta tanda terima atau kwitansi dari pemilik sebagai dokumentasi atau bukti tertulisnya.

6. Bangun hubungan baik dengan pemilik 

Misalnya, anda sudah memutuskan untuk memilih sewa rumah di menteng jakarta pusat karena dekat dengan tempat kerja. Sedangkan pemilik rumahnya tinggal di daerah kebon sirih. Artinya tempat tinggalnya masih dekat dan anda bisa menyempatkan diri untuk sesekali bersilahturohmi kesana. Tujuanya jelas, untuk menjalin hubungan baik tidak hanya melalui komunikasi via SMS, Whatsapp atau telpon.

Jadi, ketika anda menemui kerusakan rumah atau masalah lain, pemiliknya tidak akan segan-segan untuk segera membantu anda menemukan solusinya. Bahkan saat meninggalkan atau memutuskan kontrak sewa rumah, minimal ada kesan baik yang pernah anda tinggalkan bagi lingkungan maupun pemilik sewa rumah.

Ingat selalu, 6 Tips Aman Memilih Sewa Rumah di Jakarta Pusat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat anda ingin mencari hunian sewa rumah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *