Cara Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar

Memahami Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar itu penting sekali. Pasalnya, beberapa mahasiswa yang lulus dari perkuliahan keperawatan ternyata kurang mengetahui hal ini, padahal jika ada kesalahan dalam penulisan akan menjadi masalah ke depanya.

Cara Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar
Cara Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar

Misalnya salah paham terhadap penyebutan gelar, tak sesuai aturan berlaku hingga membuat orang tersinggung.

Pada dasarnya, pemberian gelar merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan bagi orang yang sudah menyelesaikan progam studi tertentu. Nah, pada contoh kali ini yakni gelar pada jenjang D3 keperawatan dimana diperoleh setelah mahasiswa menyelesaikan pembelajaran selama kurun waktu 3 tahun.

Dalam proses pendidikanya, biasa disebut juga dengan progam vokasi dan nantinya lulusan akan mendapatkan gelar sebagai Ahli Madya lalu diikuti sesuai jurusannya masing-masing.

Nah, berkenaan dengan penulisan gelar, sebenarnya gampang kok asal anda mengetahui aturan melalui Permendikbud maupun PUEBI (Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Mengingat setiap gelar juga memiliki tingkat pendidikan yang berbeda-beda maka perlu ketelitian saat menuliskan gelar.

Sebelum berlanjut ke contohnya, simak dulu aturan dasar wajib dalam menulis gelar akademik seseorang yaitu sebagai berikut,

Aturan Dasar Penulisan Gelar

Setidaknya ada 5 hal yang perlu dipahami sebelum menuliskan gelar pada seseorang mulai dari nama, penempatan gelar serta aturan tanda titik maupun koma.

  1. Gelar dapat ditulis di depan maupun di belakang nama
  2. Tiap unsur singkaan harus diawali huruf kapital (kecuali gelar tertentu seperti dokter yang ditulis dengan dr. (diakhiri titik))
  3. Gunakan tanda koma (,) untuk memisahkan antara nama dengan gelar, contohnya: Fulan, S.Kep.
  4. Gunakan tanda koma untuk memisahkan antara gelar satu dengan yang lain setelah nama orang. Fulanah, S.Kep., Ns
  5. Setiap singkatan gelar harus memakai tanda titik (.) untuk menghubungkan huruf dengan huruf lainya.
Baca juga  Apa Saja Uraian Tugas Perawat Pelaksana, Peran dan Fungsinya di Fasyankes?

Apakah anda sudah mencatatanya? Jika sudah, mari berlanjut ke penulisan yang benar mengenai gelar D3 keperawatan

Contoh Penulisan Gelar D3 Keperawatan

Di Indonesia sendiri gelar keperawatan mengalami perubahan dari masa ke masa, sebelum tahun 2000, gelar D3 keperawatan tertulis dengan singkatan AMK bahkan para lulusan atau alumni tahun 2014 kebawah masih menggunakan penulisan gelar tersebut, sebagai contohnya Fulan, AMK.

Kemudian setelah keluarnya peraturan dari Kemendikbud Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Gelar lulusan Perguruan Tinggi  dan dikuatkan dengan aturan penulisan gelar akademik dalam Permenrisdikti Nomor 63 Tahun 2016 tentang Tentang Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi, maka beginilah penulisan gelar yang benar.

Gelar D3 Keperawatan disebut Ahli Madya Keperawatan, jadi penulisanya Fulan, A.Md.Kep

Itulah tadi informasi singkat tentang Bagaimana Penulisan Gelar D3 Keperawatan Yang Benar. Semoga bermanfaat kedepanya, terima kasih.

SUMBER REFERENSI

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

14 Comments

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *