Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan di SehatQ.COM

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan – Banyak orang yang bertanya, seberapa penting ibu hamil harus memahami usia kandunganya secara akurat? Tentu, penting sekali karena dapat membantu mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin mulai dari semester awal sampai akhir.

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan
Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan di SehatQ.COM

Jadi, salah satu solusi terbaik agar lebih mudah mengetahui usia kandungan, maka anda dapat memanfaatkan yang namanya kalkulator kehamilan. Pernah dengan atau belum nih?

Kalkulator kehamilan merupakan cara paling efektif untuk memantau setiap kondisi janin di dalam kandungan. Penggunaanya pun dinilai cukup mudah yakni bisa menghitung secara manual atau lewat aplikasi tertentu. Lantas, apa pentingnya menghitung usia kehamilan bagi ibu hamil dan si kecil?

Baca juga  6 Nutrisi Terbaik Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Demi Cegah Virus Corona

4 Manfaat Kalkulator Kehamilan Bagi Bumil

1. Mengetahui Perkembangan Janin

Seperti yang dikatakan sebelumnya, adanya kalkulator kehamilan maka akan mempermudah untuk melihat sejauh mana perkembangan janin di dalam kandungan.

Apakah sesuai dengan normalnya, apakah beratnya sudah bertambah atau juga dapat memprediksi perhitungan yang harus dikonsumsi bagi ibu hamil supaya sesuai dengan kebutuhan si kecil.

2. Dapat Menghitung HPL (Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Dengan memanfaatkan kalkulator kehamilan, bakal sangat membantu ibu hamil dalam menghitung menghitung HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Jadi, suami ataupun keluarga terdekat pun, bisa ikut mempersiapkan persalinan jauh-jauh hari dengan baik dan matang. Oh ya, untuk menentukan HPL boleh memakai rumus Neagele yang dinilai lebih akurat, caranya “Hari Pertama Hari Terakhir Menstruasi + 7 hari-3 bulan + 1 tahun”

3. Mengetahui Perkiraan Tahap Trimester 

Saat kehamilan berlangsung, bisanya calon ibu akan melewati tahapan trimester yang meliputi trimester pertama, kedua dan ketiga. Nah, pada setiap tahapa tersebut, ibu hamil tak jarang tiba-tiba mengalami perubahan secara fisik maupun emosional.

Oleh karenanya, hadirnya kalkulator kehamilan, diyakini dapat membantu mempersiakan diri melewati berbagai perubahan sehingga mampu dikontrol dengan baik.

4.Memperkirakan Kenaikan Berat Badan Normal

Disisi lain, kalkulator kehamilan ternyata juga bisa membantu ibu hamil memperkirakan eskalasi berat badan si kecil. Umumnya, prediksi berat badan bertambah 1 sampai 2 kilogram pada trimester pertama, kemudian mengalami penambahan 0,5 kilogram setiap minggunya.

Mengawasi berat badan sangatlah penting supaya ibu hamil maupun si kecil yang berada di dalam kandungan tidak mengalami overwight (berat badan berlebih) yang berisiko menjadi menyebab diabetes melitus atau darah tinggi.

5. Membantu Dalam Perencanaan Cuti Atau Sejenisnya

Manfaat yang kelimat tidak lain adalah membantu dalam hal perencanaan kehamilan seperti persiapan nutrisi yang lengkap, progam olahraga ibu hamil hingga perencaan untuk cuti hamil bagi mereka yang masih bekerja.

Baca juga  Cari Situs Kesehatan Terpercaya dan Kredibel? SehatQ.com Jawabanya

Mengenal Kalkulator Kehamilan Online

Meski demikian, menghitung masa kehamilan haruslah lebih teliti terutama saat menghitung haid terakhir HPHT dan rata-rata siklus menstruasinya. Nah, bagi calong ibu yang baru pertama kali hamil, maka jangan lupa untuk mencatat jadwal haid setiap bulanya.

Untungnya, bagi anda para ibu hamil tidak perlu ribet lagi menggunakan teknik secara manual, karena sekarang sudah ada kalkulator kehamilan online dari situs bernama SehatQ.com.

Ya, situs ini menjadi salah satu situs kesehatan terlengkap di Indonesia karena menyajikan informasi dari referensi yang jelas dan kredibel.

Hampir semua direktori artikel mulai dari pengertian penyakit, pencegahan sampai perawatan pasien setelah pulang, ditulis langsung oleh para dokter di bidangnya masing-masing.

Anda pun bisa langsung terhubung dengan dokter umum dan dokter spesialias yang ada disana melalui layanan tanya jawab baik sifatnya gratis maupun yang berbayar.

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan SehatQ.COM

Pasti anda penasaran kan, gimana caranya menggunakan kalkulator kehamilan online di sehatQ.com? Langkahnya, mudah sekali cukup ikuti step by stepnya dibawah ini.

2. Buka Link Utama

link utamanya yaitu www.sehatq.com/tes-kesehatan/kalkulator-kehamilan, kemudian anda akan diperlihatkan tampilan kalkulaot kehamilan online

2.Masukkan Tanggal HPHT dan Siklus Haid

Setelah melihat dua kolom yang saling berjajar, maka anda tinggal memasukkan tanggal HPHT pada kolom kanan serta rata-rata Siklus Menstruasi pada kolom kiri, lalu klik HITUNG

Maka otomatis akan muncul usia kehamilan janin, posisi di trimester berapa dan perkiraan hari lahir (lengkap termasuk tanggal, bulan, tahun). Bahkan dibawahnya, ada rekomendasi hal-hal apa saja yang perlu anda ketahui dan lakukan sehingga memberi gambaran perencanaan kedepanya ingin seperti apa.

Demikianlah topik pembahasan kali ini mengenai Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan di SehatQ.COM yang semoga menjadi solusi tepat dalam menghitung usia kandungan.

Ingat, bahwa proses kehamilan tidak boleh diabaikan begitu saja, butuh dukungan dari keluarga terdekat untuk selalu mendampingi supaya persalinan berjalan lancar. Jangan lupa untuk selalu rutin memeriksakan diri ke dokter demi memantau tumbuh kembang si buah hati. Terima kasih

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.co

data-matched-content-ui-type=”text” data-matched-content-rows-num=”3″ data-matched-content-columns-num=”1″

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *