PERAWAT MASUK! Cara Mudah Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI

UPDATE 2020. Menanggapi banyaknya permintaan untuk dibuatkan tutorial tentang Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI bagi perawat, penulis disini akan mencoba membagikan trik mudahnya karena setelah melihat update di situs ppni-inna.org ada beberapa perubahan yang perlu dipahami.

Cara Mudah Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI
PERAWAT MASUK! Cara Mudah Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI

Oh ya, sebelum menuju topik utama, mungkin anda akan bertanya, siapa yang harus membuat surat rekomendasi tersebut? Tidak lain adalah perawat veteran alias perawat yang sudah bekerja sebelumnya baik di fasilitas kesehatan maupun praktek secara mandiri. Jadi, hal ini bertujuan untuk memperpanjangan masa STR yang berlaku selama 5 tahun.

Namun, ketika anda ingin mengurus surat rekomendasi PPNI, maka yang bersangkutan sudah terlebih dahulu mencapai 25 SKP (Satuan Kredit Profesi) yang dikumpulkan selama 5 tahun sejak pertama kali mendapatkan STR sampai kadaluarsa.

Dengan alasan itulah, organisasi PPNI mengeluarkan progam bernama PKB (Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan). Progam ini memfasilitasi anggota perawat agar mendapatkan pengakuan atau kredit SKP terhadap keikutsertaan pada kegiatan kompentesi keperawatan.

Bentuk PKB Online Perawat Indonesia

Jika anda melihat di situs utama ppni-inna.org maka akan terlihat menu PKB online dimana ada 4 ranah kegiatan (kegiatan praktek profesional, kegiatan ilmiah, pengembangan ilmu pengetahuan, pengabdian masyarakat) yang terbagi menjadi  22 nama kegiatan PKB dan bisa diisi sesuai sertifikat yang didapatkan selama kurun waktu 5 tahun, antara lain,

  1. aktif bekerja mengelola pasien di faskes
  2. aktif bekerja sebagai pengelola pelayanan keperawatan
  3. aktif melakukan praktik mandiri
  4. pendidik klinik
  5. peserta dalam workshop atau lokakarya
  6. peserta dalam pelatihan
  7. peserta seminar/temu ilmiah
  8. seminar/pelatihan/penataran/hands on/narsum/moderator/panitia
  9. webinar
  10. e-learning
  11. menjadi peneliti
  12. menulis buku/menerjemahkan/menyunting buku
  13. presentasi oral
  14. publikasi ilmiah
  15. reviewer
  16. aktif dalam kepengurusan organisasi profesi
  17. kegiatan sosial masyarakat, memberikan penyuluhan/pengurusan warga
  18. penanggulangan bencana
  19. pengabdian daerah terpencil perbatasan kepulauan
  20. pokja keprofesian
  21. terlibat dalam penanganan covid 19
  22. pengalaman sebagai manajerial selama 1 tahun

Intinya, tidak semua PKB harus diisi semua, cukup sesuaikan dengan sertifikat yang anda dapatkan selama 5 tahun sampai total akhirnya 25 SKP. Tapi jangan hanya satu kegiatan saja lho, karena pasti tidak akan di acc oleh verifikator DPW.

Baca juga  15 Alasan Unik Memilih Kuliah di Keperawatan, Anda Termasuk Mana?

Syarat Mengurus Surat Rekomendasi PPNI

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi anda yang ingin mengurus surat ini, diantaranya

  • sudah mengisi menu “permohonan melakukan PKB” (menginput data yang berkaitan dengan STR lama mulai dari nomor STR hingga masa berlakunya)
  • sudah mengisi pada menu “borang pengisian” terdiri dari sertifikasi yang sudah anda kumpulkan sebelumnya
  • sudah mengisi biodata diri pada menu “data pribadi” di situs ppni-inna.org

Alur Pengurusan PKB Online Bagi Perawat

Langkah ini harus anda ikuti step by step supaya tidak ada yang keliru agar secepat mungkin mendapatkan surat rekomendasi PPNI dari DPW setempat. Perlu diketahui juga siapkan terlebih dahulu semua kebutuhan dokumen dalam bentuk softfile (STR lama, sertifikat, NIRA dll)

1. Silahkan menuju situs resmi PPNI yaitu ppni-inna.org, klik menu membership dan login sesuai user name (nomor NIRA) beserta passwordnya

halaman login situs resmi PPNI
halaman login situs resmi PPNI

2. Klik menu PKB, lalu pilih menu permohonan melakukan PKB sesuai gambar berikut

halaman permohonan melakukan PKB
halaman permohonan melakukan PKB

3. Lengkapi biodata STR lama milik anda dan klik simpan, yang selanjutnya akan setujui oleh Verifikator DPW setempat

4. Berikutnya klik menu borang pengisian lalu isi sesuai dengan sertifikat yang sudah anda miliki sebelumnya dengan klik input seperti gambar dibawah ini.

halaman borang pengisian PKB
halaman borang pengisian PKB

5. Umumnya kegiatan yang hampir pasti bisa diisi yaitu nomor 2, 7, 8, 9, 16, 17 dan yang terbaru nomor 21

6. Selanjutnya untuk melihat total SKP nya, anda bisa menuju menu rangkuman penilaian PKB, lalu di bagian periode STR pilih sesuai periode STR yang tercatat untuk melihat hasilnya, apakah total sudah 25 SKP atau belum.

halaman rangkuman penilaian PKB
halaman rangkuman penilaian PKB

7. Di dalam menu ini juga nantinya verifikator DPW setempat akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan PKB per tahun yang telah anda diajukan. Butuh waktu 1-7 hari (tergantung daerah masing-masing) yang nantinya anda bisa segera mendapatkan surat rekomendasi PKB sebagai syarat untuk perpanjangan STR.

8. Biasanya ketika proses verifikasi selesai, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran administrasi sebesar 25 ribu rupiah yang terdiri dari  15.000 untuk DPD dan 10.000 untuk DPW organisasi setempat.

Adapun menu yang hilang disini yaitu menu PKB-Dokumen Persyaratan namun anda tetap perlu menyiapkan dokumen persyaratan itu jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Demikianlah Cara Mudah Mendapatkan Surat Rekomendasi PPNI yang semoga bermanfaat untuk anda semua khususnya para perawat. Terima kasih dan jangan lupa share agar berguna bagi orang lain.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Berkomentar = Berlangganan, Terima kasih

Your email address will not be published. Required fields are marked *