Takut Ketipu? Begini Tips Aman Membeli Motor Baru

Tips Membeli Motor Baru – Apakah anda sedang merencanakan ingin membeli motor baru namun? Ingat! Waspada di awal adalah modal utama supaya anda tidak tertipu oleh oknum jasa jual beli motor atau dealer-dealer nakal yang terkadang mempersulit proses. Bahkan secara terang-terangan menyudutkan anda agar membeli motor secara kredit tanpa perlu inden lama.

Takut Ketipu? Begini Tips Aman Membeli Motor Baru
Takut Ketipu? Begini Tips Aman Membeli Motor Baru (foto: yamaha-motor.co.id)

Memang betul bahwa sepeda motor bisa menjadi salah satu pilihan transportasi utama karena cocok sekali untuk perjalanan apapun yang serba cepat dan tanpa hambatan. Terutama bagi anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi seperti tugas keluar kota atau sering bepergian jauh.

Namun, keamanan dan kenyamanan saat pertama kali membeli motor harus benar-benar diperhatikan apalagi butuh uang tidak sedikit. Oleh sebab itu, wajib sekali anda memperhatikan 5 poin berikut supaya tidak kena janji abal-abal ketika sudah memutuskan ingin beli motor baru. Apa sajakah?

Begini Tips Aman Membeli Motor Baru

1. Sesuaikan Kebutuhan

Tanyakan dulu pada diri sendiri apakah tujuan anda membeli motor baru? buat gaya-gayaan, koleksi, ingin punya atau memang sesuai kebutuhan? Jika benar sesuai kebutuhan maka sebelumnya pasti anda sudah menabung terlebih dahulu sehingga tidak kebingungan mau cari modal untuk beli motor.

Mungkin, motor matik bisa menjadi pilihan tepat jika ingin berkendara lebih simple, fleksibel serta otomatis. Sementara, bila ingin hemat BBM, servis lebih ringan maka pilih saja motor bebek bahkan motor sport pun lebih oke jika anda mau perjalanan makin cepat, gesit dan tampil macho. Beberapa contoh motor sport juga pernah penulis bahas sebelumnya mengenai motor sport yamaha terbaru 2020.

Kalo dirasa kurang mantap, tinggal searching google dan semuanya bakal muncul dalam hitungan detik. Mulai dari spesifikasi motor yang anda inginkan, tampilan luar dalam, bahkan beberapa blogger umumnya banyak mereview produk motor secara sukarela dan jujur sehingga bisa dijadikan patokan daripada menuju situs resmi yang terkadang cenderung menonjolkan kelebihanya saja.

2. Cek Kepastian Harga

Tips berikutnya yakni soal harga. Anda bisa mengecek pasti harga sebuah motor dari situs resmi pabrikan. Sudah barang tentu, dari situs tersebut akan menampilkan detail harga, pajak, harga cash tunai sampai harga kredit.

Bila masih bingung dan tidak bisa mengakses situs, maka anda sebaiknya datang langsung ke dealer resmi motor yang biasanya akan dijelaskan oleh para sales mengenai harga per unit motor maupun diskon khusus daripada menaikan harga-harga tak jelas.

3. Bandingkan Dengan Dealer Lain

Ini dia trik jitu yang tidak banyak orang tahu. Sebab harga masing-masing dealer terkadang berbeda namun tidak terlalu jauh. Teknisnya, anda lebih dulu datang ke dealer A lalu tampung semua informasi termasuk harga yang ditawarkan. Kemudian cobalah menuju dealer B dan tampung lagi informasi sembari bilang ke salesnya kalo di dealer A dapat harga sekian bahkan diskonya sekian.

Jadi, kejelasan informasi dari dealer A dan B diadu saja supaya perbandinganya keliatan. Nah, nanti sales motor pasti bakal mikir-mikir sampai akhirnya menawarkan harga murah daripada dealer A. Gampang kan?

4. Beli Dari Dealer Resmi

Tips keempat, pastikan anda membeli motor baru dari dealer resmi. Pernah tahu kan, kalo para oknum-oknum sales motor yang tidak bertanggung jawab tak jarang menawarkan motor di luar kantor resmi atau dealer. Ini akan beresiko sekali apalagi jika tidak tahu tentang identitas sales yang menawarkan sebelumnya.

Jangan pula membeli dari perantara supaya bisa memperoleh jaminan aftersale service selama tiga tahun,bohong banget! Jauh lebih baik beli di dealer resmi karena mereka akan siap membantu bila terjadi masalah pada motor baru anda karena bergaransi dan servis gratis (sesuai ketentuan yang berlaku).

Baca juga  Tips Hemat Memilih Villa di Puncak Agar Tidak Keblondrok, Mau?
5. Pastikan Adanya Perjanjian dan Serah Terima

Setelah mencapai kesepakatan antara anda dengan dealer resmi biasanya bakal ada perjanjian tak tertulis seperti proses turunya STNK dan plat. Jika sesuai aturan, butuh sekitar 2 minggu dari tanggal pembelian untuk memperoleh keduanya sehingga anda perlu aktif dalam melakukan follow up kepada pihak dealer.

Kemudian, ketika serah terima motor, cek selalu kondiri motor dengan kelengkapan resmi (jaket, helm, buku service gratis, buku petunjuk). Hidupkan motor saat masih ada sopir yang mengantar ke rumah anda untuk menunjukkan apakah motor baru tersebut ready dan layak untuk dikendarai. Terakhir, pastikan cek kelengkapan kendaraan yang tertulis di BSTK sesuai dengan tanda terima di awal.

Gimana, mudah bukan untuk mengikuti Tips Aman Membeli Motor Baru? Dengan mempraktekkan kelima tahapan diatas, penulis berharap semakin meminimalisir penipuan-penipuan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *