5 Tips Terbaik Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Bagaimana tips aman Menghilangkan Karang Gigi dengan bahan-bahan alami? Sebelum menuju kesana mari memahami dulu apa pengertian dan bagaimana bisa terbentu masalah tersebut pada gigi anda.

menghilangkan karang gigi secara alami
5 Tips Terbaik Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi merupakan plak mengeras yang berasal dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tidak dibersihkan. Akibatnya, bakteri di sekitar ronga mulut kemudian bercampur bersama sisa makanan termasuk protein untuk membentuk laposan berstektur lengket di permukaan gigi. Lalu timbulah plak yang lama-kelamaan bisa saja merusaka email gigi sehingga menimbulkan lubang gigi.

Itulah kenapa, penting sekali menjaga kebersihan gigi agar terhindar dari kerusakan gigi maupun masalah-masalah penyakit gusi. Nah, sebelum terlambat sebaiknya anda bisa mengikuti tutorial berikut ini terkait cara membersihkan karang gigi sedikit demi sedikit yang dijamin paling aman karena semuanya bersifat alami tanpa bahan-bahan membahayakan.

5 Tips Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Gosok Gigi Teratur

Sebaiknya anda selalu menggosok gigi secara teratur paling tidak 2 kali dalam sehari. Tujuanya tentu untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mulai terbentuk. Ingat! tidak perlu buru-buru dalam menyikat gigi karena malah kurang maksimal.

Oh ya, pemilihan bentuk sikat gigi juga harus diperhatikan terutama bulunya lembut dan kecil agar bisa menjangkau sela-sela gigi bagian samping atau belakang. Mungkin saja harganya di toko-toko swalayan sedikit lebih mahal, namun jangan jadikan sebagai masalah jika demi kebaikan diri sendiri.

2. Pilih Pasta Gigi Fluoride

Maksudnya, anda bisa memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Kenapa? Karena fluoride bisa memperkuat lapisan enamel gigi dan mengurangi faktor resiko pembusukan dari makanan maupun minuman asam. Jadi munculnya karang gigi dapat diminimalkan sejak awal.

Bahkan menurut beberapa sumber, adanya fluoride bermanfaat sekali dalam memperbaiki gigi-gigi yang rusak secara alami. Disisi lain, kandungan triclosan ternyata diketahui juga bisa membunuh bakteri-bakteri penyebab plak pada gigi yang bisa menimbulkan karang gigi.

3. Dauh Sirih

Pasti tidak asing nih dengan daun sirih. Kata orang dulu, daun sirih itu baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Kenyataanya memang terbukti sampai sekarang bahkan anda pun bisa memanfaatknya untuk membersihkan karang gigi hingga bau mulut tak sedap lho.

Caranya cukup mudah, tinggal ambil 1-2 daun sirih lalu tambahkan 1 batang cengkek. Haluskan sedikit saja dan tidak perlu ditumbuk terlalu lama. Terakhir kunyah beberapa menit kemudian kumurlah dengan air bersih. Gampang kan?

Baca juga  Cara Efektif Berantas dan Obati Rhinitis Alergi Dengan Mudah
4. Strawbery dan Tomat 

Kedua buah ini merupakan sumber vitamin C dan kaya akan antioksidan tinggi. Artinya, sangat baik tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja melainkan juga rongga mulut anda. Triknya simpel, ambil buah strawbery atau tomat kemudian belah menjadi dua, lalu gosokkan ke gigi dan diamkan kurang lebih 5 menit. Biarkan kandunganya meresap ke seluruh bagian gigi agar bisa memperlunak karang gigi yang sudah terbentuk.

Terakhir, berkumurlah pakai air hangat dan lakukan rutin 3-4 kali dalam seminggu. Maka anda akan mendapatkan kembali gigi yang putih bersih dan terhindar dari permasalahan karang gigi. Bila tidak ada buah tersebut, anda pun bisa menggantinya dengan buah jeruk, jambu biji, lemon, berry atau jambu biji.

5. Minyak Kelapa 

Tahukah anda bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. Bahkan mengandung asam laurat dan asam lemak bersifat antimikroba. Inilah alasanya kenapa minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan gigi termasuk karang gigi yang sudah mengeras.

Menurut hasil studi tahun 2015 silam dengan melibatkan 60 remaja penderita gingivitis, ditemukan bahwa teknik oil pulling bersama minyak kelapa mampu menghilangkan karang gigi sampai 50 persen. Partisipan penelitian juga mengalami penurunan drastif terkait gejala gingivitis.

Nah, untuk memanfaatkan bahan alami ini, anda cukup menyediakan 1 sdm minyak kelapa murni (hangat) lalu dibuat kumur-kumur selama 5-10 menit. kemudian kumur kembali dengan air hangat atau bisa dilanjutkan dengan menggosok gigi secara perlahan.

Anda sudah mencoba salah satu dari 5 Tips Terbaik Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami? Jika cara diatas belum bisa membantu dengan optimal maka langkah efektif yang bisa diterapkan yakni teknik scalling. Adalah tindakan pembersihan termasuk plak-plak gigi secara langsung ke spesialis gigi dengan tetap berkonsultasi terlebih dulu dalam memutuskan apakah harus dilakukan tindakan tersebut atau tidak. Selamat mencobanya.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *