Bunda Wajib Tahu! 5 Manfaat Madu Untuk Anak Usia 2 Tahun

Apa benar, madu itu baik untuk anak-anak? Tentu dong, meski memiliki rasa yang manis karena itu sifatnya alami. Jadi orang tua tidak perlu takut efek sampingnya bila madu untuk anak ini dikonsumsi secara berkala.

Yang perlu anda ketahui adalah ternyata banyak sekali Manfaat Madu Untuk Anak khususnya usia 2 tahun atau diatasnya. Lho, berarti anak usia dibawah 2 tahun tidak boleh? Ya, mengingat bahwa madu juga mengandung spora clostridium botulinum dimana jika tubuh si kecil belum siap sistem pencernaanya sehingga bisa menyebabkan botulisme (suatu bentuk keracunan makanan akibat bakteri botulinum dan bisa memperburuk kesehatan anak)

Manfaat Madu Untuk Anak Usia 2 Tahun
Bunda Wajib Tahu! 5 Manfaat Madu Untuk Anak Usia 2 Tahun

Efeknya si kecil bisa kejang, konstipasti bahkan sampai kesulitan bernafas. Oleh karena itu, orang tua jangan buru-buru memberikan anak madu saat usianya masih 1 tahun atau baru menuju 2 tahun. Jauh lebih baik difokuskan saja pada ASI dan M-PASI supaya terpenuhi kebutuhan nutrisinya agar tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Kalo sudah berumur 2 tahun barulah anda boleh memberikan tambahan nutrisi lainya seperti madu. Ingat, pilih madu organik atau alami (terdapat label sertifkat keaslian) ya karena khasiatnya jauh berbeda dibanding madu komersial. Dengan mengkonsumsi madu, si kecil bakal mendapat banyak manfaat terutama untuk menjaga kondisi tubuhnya. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga  Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan Yang Wajib Dipahami

5 Manfaat Madu Untuk Anak Usia 2 Tahun

1. Mengoptimalkan Energi

Tidak seperti gula pada umumya, madu memang terasa manis tapi kandunganya berbeda dan mampu memberikan energi murni bagi tubuh si kecil. Efeknya tentu saja anak akan lebih hiperaktif atau mungkin bisa rewel karena merasa tenaga selalu tercukupi.

Terlebih, kandungan madu diserap lebih lambat oleh anak sehingga dia tidak akan merasa kelebihan energi setelah mengkonsumsinya.

2. Menjadi Sumber Vitamin

Tahukah anda bahwa madu termasuk salah satu sumber vitamin cukup tinggi dan lengkap. Mulai dari vitamin B1, B2, B3, vitamin D, K, E, asam nikotinat serta urin acid. Artinya, ketika anak diberikan madu dalam jumlah yang cukup itu sama halnya memberikan beberapa jenis makanan dan buah-buahan.

3. Membantu Sistem Pencernaan

Kok bisa? Ya, karena madu memiliki kandungan bakteri baik bernama bifidobacterium dan lactobacillus yang mampu melawan bakteri jahat di dalam usus. Jadi, fungsi utamanya bisa untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus metabolisme dalam tubuh si kecil.

4.Sebagai Sistem Imun

Selain mengandung vitamin C, madu juga termasuk sumber antioksidan tinggi dimana fungsi utamanya adalah membantu menjaga imunitas tubuh pada anak. Sehingga bisa mencegah terjadinya resiko-resiko infeksi baik itu oleh jamur, bakteri maupun virus.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam proses tumbuh kembang anak, daya ingat sangat penting untuk dimaksimalkan agar anak dapat belajar mengeksplorasi segala hal di sekitar lingkungan. Selain dengan proses belajar, pemberian asupan nutrisi bisa dikatakan penting dalam hal ini, apalagi menurut beberapa sumber dengan tambahan madu sebagai vitamin tambahan minimal 20 gram per hari bisa memicu regenerasi sel-sel otak, menstimulasi produksi hormon-hormon sehingga memperkuat daya ingat si kecil.

Demikianlah 5 Manfaat Madu Untuk Anak Usia 2 Tahun yang secara garis besar memang memberikan efek bagus untuk tumbuh kembang maupun kesehatan si kecil. Ingat! selalu pilih produk madu yang sudah terdaftar secara resmi di BPOM RI dan tanggal kadaluarsanya agar tidak salah beli. Namun tetap perhatikan terus bila anak memiliki reaksi alergi atau ketidakcocokan saat mengkonsumsi madu, sebaiknya segera konsultasi ke dokter terdekat.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *