Tak Banyak Yang Tahu! 5 Fakta Unik Dibalik Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

5 Fakta Unik Tentang Monumen Tugu Pahlawan Surabaya – Pernah dengar kan kisah tentang para pejuang arek-arek Surabaya yang melawan Penjajah Belanda? Ya, benar sekali bahwa setiap tanggal 10 November, rakyat Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan dan sebagai wujud penghargaan, kota Surabaya akhirnya mendirikan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Tak Banyak Yang Tahu! 5 Fakta Unik Dibalik Monumen Tugu Pahlawan Surabaya
Tak Banyak Yang Tahu! 5 Fakta Unik Dibalik Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Bukan tanpa alasan bahwa tugu tersebut juga dijadikan salah satu saksi bisu mengenai pertempuran hebat dan terbesar dalam sejarah revolusi Republik Indonesia. Disisi lain, monumen tersebut sampai sekarang juga masih berdiri kokoh sehingga menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berbagai macam benda-benda bersejarah ada disana, tempat museum, patung-patung pahlawan serta tempat makam para pejuang kemerdekaan Indonesia. Nah, Dibalik monumen Tugu Pahlawan Surabaya ternyata ada fakta unik bahkan tidak semua orang tahu akan hal ini. Lantas apa saja fakta yang selama ini tersembunyi dan tidak begitu banyak terkuak oleh publik?

5 Fakta Unik Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

1. Ada Makna Khusus Dibalik Bangunan Tugu Pahlawan

Mungkin beberapa orang belum mengetahui bahwa Tugu Pahlawan yang menjadi ikon Kota Surabaya itu dibangun dengan ketinggan 41 meter (45 yard), terdiri dari 11 ruas di tubuh dan 10 lengkungan dimana semuanya melambangkan tragedi besar yakni pertempuran 10 November 1945.

Peresmianya sendiri dilakukan oleh bapak Presiden Pertama Ir. Soekarno pada tahun 1952. Sementara, anda juga bisa berkunjung ke bangunan mirip piramid di dekat tugu pahlawan yang punya sejarah panjang Kota Surabaya temasuk suara Bung Tomo saat menyemangati para pahlawan.

2. Adanya Makam Pahlawan Tak Dikenal

Saking banyaknya pejuang-pejuang Surabaya yang gugur di medan perang, maka makam para pejuang tak dikenal tersebut ditempatkan tepat di balik Tugu Pahlawan sekaligus untuk mengenang perjuangan mereka.

Jadi bagi anda yang sedang berkunjung ke  Monumen Tugu Pahlawan, jangan lupa setelah melewati pintu utama, lihatlah ke bagian belakang agar bisa langsung melihat banyak makam pejuang disana.

3.Terdapat Parade/Pertunjukkan Pada Hari Tertentu

Banyak sekali pertunjukan saat moment-moment tertentu seperti Pawai Bunga, Parade Budaya dengna mengelilingi Tugu Pahlawan Surabaya. Kemudian adapula pertunjukkan Surabay Membara dengan menampilkan perjuangan Arek-Arek Suroboyo ketika mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Jadi, anda harus pintar-pintar cari waktu agar bisa langsung melihat pertunjukkan disana. Selain mendapatkan moment mengesankan tersebut anda pun bisa ikut belajar mengenai bukti sejarah pertempuran 10 November di Kota Surabaya yang benar-benar terjadi.

4. Bangunan Berdiri Diatas Gedung Peradilan

Tahukah anda Tugu Pahlawan sebenarnya berdiri di bekas reruntuhan Gedung Kenpeitai zaman Jepang yang juga berdiri sebelumnya Gedung Raad van Justitie (Gedung Peradilan d era Nederlands Indie. Gedung itu dulu adalah markas utama polisi Jepang dalam menahan pejuang arek-arek Surabaya.

Baca juga  Mengenal Sejarah Keperawatan dan Perkembanganya di Indonesia
5. Peraturan Tak Tertulis Dan Wajib Dipatuhi

Semua orang yang datang dengan tujuan wisata atau berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan Surabaya sudah sewajarnya bersikap baik, sopan dan tidak neko-neko. Bahkan dulunya ada kebijakan kalo sudah ditutup maka tidak diperbolehkan masuk tanpa alasan.

Misalkan ada surat izin untuk kegiatan penting atau kebaktian sosial sehingga perlu memasuki area tugu pahlawan maka masih diperbolehkan. Pasti anda bertanya-tanya, mengepa hal tersebut diberlakukan? Karena waktu dulu pihak keamanan pernah kecolongan oleh kelakuan sepasang mahasiswa yang asal nyelonong masuk ke sana dan sejak itulah mulai berlaku aturan tak tertulis tersebut.

Oh ya, selain membahas tentang Fakta Unik Monumen Tugu Pahlawan, sepertinya kurang lengkap jika tidak mengetahui lokasinya, betuk tidak? Tugu Pahlawan berada di Jl. Pahlawan, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur.

Bagi anda yang ingin bepergian kesana, sebaiknya menyesuaikan jam buka yaitu senin-jumat pukul 08.00-14.30 sedangkan untuk hari sabtu-minggu pukul 08.00-13.30. Soal harga tiket jangan kuatir, harga tiket masuk Tugu Pahlawan sangat terjangkau sekali hanya 5000 per orang.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *