Cukup 10 Detik! Cara Cepat Menghitung IMT Pada Orang Dewasa

Halo semuanya, pada kesempatan ini saya akan coba membahas materi yang menarik tentang Cara Cepat Menghitung IMT Pada Orang Dewasa. Memangnya apa sih itu IMT? Kenapa harus dihitung dan untuk apa tujuanya?

Cara Cepat Menghitung IMT Pada Orang Dewasa
Cukup 10 Detik! Cara Cepat Menghitung IMT Pada Orang Dewasa

Sebenarnya, IMT ini bisa anda dapatkan bila kuliah di lingkup kesehatan tanpa terkecuali lulusan keperawatan seperti saya. Namun semua orang bisa belajar secara gamblang karena perhitungan IMT khususnya pada dewasa tidaklah sesulit yang dibanyangkan dibanding ketika menghitung IMT bayi, anak maupun remaja.

Pengertian IMT

IMT merupakan singkatan dari Indeks Massa Tubuh atau juga dikenal dengan sebutan BMI (Body Mass Index). Ini merupakan alat ukur untuk menilai ideal tubuh seseoarang dengan beberapa perbandingan. Nah, berhubung topiknya pada orang dewasa jadi perbandinganya hanya antara berat badan dan tinggi badan.

Pada dasarnya pengukuran IMT ada hasil akhir tertentu dimana akan menentukan penilaian akhir proporsional tubuh yang meliputi 5 cakupan yaitu sangat kurus, kurus, normal, gemuk dan sangat gemuk (obesitas). Sehingga nantinya, orang dewasa yang IMT nya masuk pada golongan kurus atau gemuk bisa segera dilakukan pemantauan status gizinya.

Kenapa Perlu Mengukur IMT?

Tentu sudah jelas jawabanya, demi melihat dan memantau status kesehatan setiap orang. Bukan tidak mungkin, seiring dengan bertambahnya umur seseorang, berat badan maupun tinggi badan bisa saja mengalami perubahan.

Jadi adanya alat ukur IMT, anda sendiri pun bisa ikut mengecek apakah ada perubahan status gizi atau tidak. Supaya nantinya bisa diketahui status ideal tubuh apa berada dalam batas normal, kegemukan atau justru di status sangat kurus.

Oh ya untuk batasan umur orang dewasa yaitu minimal 18 tahun keatas dan bisa juga untuk mengukur IMT pada usia pra lansia (45-59 tahun) dan usia lansia (.>60 tahun).

Baca juga  CATAT! Jam-Jam Penting Organ Tubuh yang Harus Dipahami

Cara Menghitung IMT Orang Dewasa

Perhitunganya sendiri, sangat mudah sekali dan anda tinggal menghafal rumus utamanya dibawah ini.

Hitungan Indeks Masa Tubuh (IMT) = berat badan (kg) : (tinggi badan x tinggi badan (m)

IMTmerupakan hasil akhir penilaian
BBberat badan dalam satuan KILOGRAM
TBtinggi badan dalam satu METER

Contoh: Si A dengan umur 30 tahun, memiliki tinggi badan 170 cm dan berat badan 80 kg. Berapakah IMT nya? Maka perhitunganya 80 : (1,7 x 1,7) = 80 : 2,89 dan nilai akhir IMT adalah 27,68

Berikutnya mari bersama-sama mencocokkan ke tabel klasifikasi status gizi berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang (2015)

Nilai IMT Kategori Status Gizi
<17 kekurangan berat badan TINGKAT BERAT Sangat kurus
17.0 – 18.5 kekurangan berat badan TINGKAT RINGAN Kurus
18.5 – 25.0 berat badan NORMAL Normal
>25.0 – 2.0 kelebihan berat badan TINGKAT RINGAN Gemuk
>27.0 kelebihan berat badan TINGKAT BERAT Sangat Gemuk

Dari hasil IMT 27,68 maka si A masuk dalam kategori status gizi sangat gemuk atau obesitas. Artinya, harus ada pengontrolan berat badan supaya mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu akibat dari kegemukan ini seperti gangguan jantung, hipertensi hingga stroke.

Pentingnya mengetahui IMT bukan tanpa alasan, sebab kesehatan adalah hal utama yang wajib diperhatikan. Bagaimana jika kondisi proporsional tubuh anda bisa terjaga dengan baik? Tentu saja imbasnya, anda bisa beraktivitas lebih optimal, bekerja semakin semangat, tidak mudah lelah dan pastinya bisa lebih dulu mengantisipasi resiko-resiko tanda gejala suatu penyakit tertentu.

Terakhir, jika anda ingin Cara Cepat Menghitung IMT Orang Dewasa hanya 10 detik tanpa perlu hitung-hitungan seperti diatas, saya memiliki grafiks IMT yang bisa di download dibawah ini. Jangan lupa, langsung praktek!

DOWNLOAD

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *