Cara Menggunakan Add-Ins Al Qur’an di Microsoft Word 2007/2010

Meggunakan Add-Ins Al Qur’an di Microsoft Word 2007/2010 tidaklah sulit karena anda cuman perlu menginstall software tersebut ke dalam word. Kenapa harus dipasang? Tentu agar mempermudah dalam memasukkan Al Qur’an tanpa harus copy paste dari berbagai situs ataupun harus mengganti tulisan keyboard dengan bahasa arab.

Tahukah bahwa plugin ini berguna sekali ketika anda ingin menuliskan ayat al qur’an di word bahkan dapat pula menyertakan terjemahanya baik itu ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing lainya.

Cara Menggunakan Add-Ins Al Qur'an di Microsoft Word 2007/2010

Cara Menggunakan Add-Ins Al Qur’an di Microsoft Word 2007/2010

Sebelum berlanjut ke tipsnya, anda mungkin ingin tahu fitur-fiturnya seperti menu pilihan surat dan ayat tertentu, bisa menampilkan tulisan arab, terjemahanya maupun keduanya, dapat menampilakan secara lengkap semua ayat hingga terjemahanya, support berbagai jenis bahasa (Indonesia, Gemarn, Perancis, Inggris, Rusia, Malaysia dll, auto replace dan terakhir menampilkan alternatif unocode text.

Baiklah, daripada kelamaan mari terlebih dulu memasang softwarenya jika ada yang belum terpasang di Ms. Word anda. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memasang Plugin Al Qur’an Pada Ms Word

Plugin Al Qur'an pada Ms Word

Plugin Al Qur’an pada Ms Word

Pertama, download terlebih dahulu software Add.Ins SetupQuraninword

Kedua, setelah itu, anda buka progam tersebut dengan mengekstraknya dan kemudian jalankan progamnya dengan “double klik.

Ketiga, maka akan muncul gambar seperti diatas ini lalu tinggal tekan tombol next-next-next, install dan finish. Pokoknya gampang kok, kalo proses penginstallanya.

Baca juga  Tips Hemat Memilih Villa di Puncak Agar Tidak Keblondrok, Mau?

Cara Menggunakan Add-Ins Al Qur’an Pada Ms Word 2007 atau 2010

1. Baik menggunakan Ms. Word 2007 atau 2010 cari langsung tulisan Add-Ins pada bagian atas kiri Ms. Word. Kemudian akan muncul plugin Al Qur’an yang sudah terinstall tadi dengan pilihan-pilihanya.

Cara Menggunakan Add-Ins Al Qur'an Pada Ms Word 2007 atau 2010

Get Arabic+Translation untuk menampilkan ayat serta terjemahannya
Get Arabic untuk menampilkan ayat-ayat Al Qur’an
Get Translation untuk menampilkan terjemahaannya saja

2. Sebagai contoh, kita ingin memunculkan surat dan terjemahanya maka klik pada bagian paling atas sendiri (get Arabic+Translation).

3. Contohnya menginput Surat Al Baqarah (2) Ayat 193 dan terjemahanya, maka akan muncul jendela Quran in Word.

4. Pilihlah nama surat dan ayatnya tadi, lalu tentukan ukuran Font Size serta translation (pilih saja Indonesia, biar gampang).  Jika sudah, tekan OK dan muncullah seperti gambar dibawah ini.

pasang Add-Ins Al Qur'an pada microsoft word 2007

Semoga trik memasang dan menggunakan plugin al qur’an pada Ms. Word 2017/2010 bisa bermanfaat bagi anda semua anda, terima kasih.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Post Terbaru

  • Baca Juga

  • Archives