5 Kunci Utama Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan – Properti dikatakan sebagai salah satu produk investasi paling menjanjikan. Bila anda jeli dalam memanfaatkan kondisi, tentu anda dapat melihat peluang emas dari bisnis ini. Mungkin beberapa orang mengira bisnis properti untuk sekarang terlihat tidak prospektif, mengingat pelemahan rupiah.

5 Kunci Utama Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan
5 Kunci Utama Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan

Tetapi, bila melihat bisnis properti untuk jangka pendek dan menengah, anda akan menemukan peluang emas sudah di depan mata. Lalu bagaimana cara mengawalinya? Jangan khawatir, berikut ada beberapa kunci utama yang wajib diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini. Langsung sSimak ulasan lengkapnya.

5 Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan

1. Regulasi Setempat

Hal ini perlu anda pelajari dan pahami sebelum memulai bisnis properti. Anda perlu mengetahui aturan yang berlaku, agar di masa mendatang, bisnis properti yang sedang dijalani tidak mendapatkan masalah. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bila anda menyelesaikan masalah legalitas di awal, maka pada prosesnya jelas lebih aman untuk baik di masa sekarang maupun mendatang.

2. Lokasi

Pastikan pula lokasi tempat anda membangun produk properti benar-benar tepat. Hal ini berkaitan dengan masyarakat di area tersebut, kontur tanah hingga biaya pengadaan lahan. Analisis mendalam tentunya akan mempermudah anda untuk memaksimalkan peluang bisnis properti ini.

3. Legalitas

Lahan yang anda pilih untuk properti Anda juga harus bersih dari masalah legalitas. Akan lebih baik, bila anda memilih lahan yang sudah memiliki sertifikat. Ditambah lagi, lokasi yang strategis akan membuat bisnis properti anda punya nilai jual lebih tinggi daripada umumnya.

Meskipun lahan tersebut sudah memiliki sertifikat, bukan berarti lahannya bisa langsung dipilih. Anda juga harus memeriksa keaslian sertifikat terlebih dulu pada BPN (Badan Pertanahan Nasional). Anda pun pasti tidak ingin kan bila di masa mendatang, properti yang sedang dibangun justru bermasalah akibat sertifikat palsu? Tentunya, masalah ini juga akan membuat anda kehilangan uang dalam jumlah besar.

Baca juga  Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Franchise Bagi Pemula
4. Fasilitas Umum

Hal lain yang harus diperhitungkan bila anda ingin mencoba peluang bisnis properti adalah fasilitas umum. Lokasi yang dekat dengan fasilitas umum merupakan pilihan terbaik yang dapat anda ambil. Fasilitas umum yang mudah dijangkau juga membuat bisnis properti memiliki nilai lebih.

5. Prospek Konsumen

Anda dapat melakukan survey pasar agar mengetahui prospek dari konsumen untuk proses pembangunan properti di lokasi tersebut. Cara mudahnya adalah dengan mengajukan pinjaman untuk properti, kemudian bila pinjaman telah disetujui, biasanya potensi pasar produk properti di lokasi tersebut akan sangat baik.

Ingat! Anda juga tidak dapat hanya mengandalkan cara diatas untuk mencari tahu potensi pasar bisnis properti di suatu lokasi. Disisi lain, ada hal yang harus diperhitungkan juga semisal peluang perkembangan industri dan perkembangan bisnis di daerah tersebut.

Faktor harga terjangkau juga dapat anda gunakan untuk pertimbangan ke depan. Dengan menggunakan beberapa langkah tadi, maka jauh lebih mudah memilih tempat dan properti yang cocok untuk membangun peluang bisnis properti anda.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai 5 Kunci Utama Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan. Tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *