Ternyata Begini Cara Hapus Layanan Pihak Ketiga di Akun Google

Cara Hapus Layanan Pihak Ketiga di Akun Google – Hampir setiap orang yang mengakses internet pasti memiliki akun gmail. Tentu penggunaan email ini sangat beragam mulai dari kirim pesan, untuk berlangganan informasi pada situs tertentu hingga untuk mengakses aplikasi youtube, facebook, google drive dan masih banyak lagi.

Ternyata Begini Cara Hapus Akses Pihak Ketiga di Akun Google
Ternyata Begini Cara Hapus Akses Pihak Ketiga di Akun Google

Tapi, seiring berjalanya waktu, beberapa layanan semakin pintar dalam memanfaatkan registrasi hanya dengan melalui akun gmail. Dari sinilah informasi atau data pada gmail anda akan rentan untuk dicuri. Memangnya data apa yang bisa diambil?

a. Informasi detail mengenail profi utama di akun gmail yang meliputi gambar profik, nama dan alamat email
b. Informasi kontak di akun gmail, foto, playlist youtube sampai data yang tersimpan di google drive

Tidak hanya itu, beberapa kali saya pernah membaca curhatan seseorang di salah satu group facebook, ternyata penyedia layanan yang mempermudah login lewat akun gmail, justru memanfaatkan storage (ruang) pada google drive dalam menyimpan data. Kemudian, tetiba akun tersebut tidak bisa lagi dipakai karena terblokir oleh pihak google. Padahal sebelumnya tidak merasa melakukan kesalahan.

Tahukah apa yang terjadi? Para penyedia layanan ini atau pihak ketiga seringkali keluar masuk untuk mengakses akun gmail maupun google drive anda hanya untuk kepentingan bisnis mereka. Hingga akhirnya, pihak google mencurigai ada yang tidak normal pada akun gmail dan terjadilah pemblokiran di luar sepengetahuan anda. Bahaya banget kan? Untuk mengantisipasinya sebelum terlambat, silahkan ikuti tutorial dibawah ini khususnya yang sudah terlanjur mengaitkan akun gmail ke situs atau aplikasi kurang terpercaya.

Baca juga  TANPA LOGIN! Cara Menghapus Background Foto Secara Online, Dijamin Berhasil

Cara Menghapus Layanan Pihak Ketiga di Akun Google 

1. Buka akun Gmail terlebih dulu lalu lihat logo akun kiri atas, klik dan dan pilih “Kelola Akun Google Anda

2. Di bagian beranda, lalu pilih bagian “Keamanan

3. Maka akan muncul beberapa pilihan, anda tinggal scroll ke bawa dan pilih aplikasi pihak ketiga dengan akses akun kemudian klik “kelola akses pihak ketiga” sesuai panah di gambar

3. Dari sini, anda bisa menghapus beberapa aplikasi atau layanan yang terkait pada akun gmail. jadi tinggal klik lalu “HAPUS AKSES

4. Setelah selesai refresh browser untuk memastikanya

Dengan begitu, akun gmail anda akan jauh lebih aman dan tidak lagi disalahgunakan oleh pihak ketiga yang tak bertanggung jawab. Oh ya, bila ingin melaporkan penyedia layanan tersebut karena membuat spam, menyalahgunakan data, meniru identitas atau aktivitas yang mencurigakan di akun gmail anda maka tinggal klik “Laporkan aplikasi ini” sesuai panah yang paling bawah sendiri.

Berharap dengan adanya Cara Menghapus Layanan Pihak Ketiga di Akun Google dapat membantu anda untuk mengamankan email personal anda dari kejahatan di dunia maya. Jangan lupa, bagikan juga artikel di atas kepada orang di sekitar anda agar ikut merasakan manfaatnya, terima kasih.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *