4 Keuntungan Utama Bagi Perusahaan Yang Menggunakan Sistem Payroll

Sebelum mengetahui apa saja Keuntungan Perusahaan Yang Menggunakan Sistem Payroll, mungkin anda bertanya-tanya, sebenarnya apa sih payroll itu dan kenapa penting bagi sebuah perusahaan?

Bahwa, Payroll berasal dari bahasa inggris artinya “daftar gaji”. Jadi secara terminologis adalah sebuah sistem untuk mengatur administrasi penggajian dari pekerjaan rutin oleh karyawan yang menjadi bagian paling penting dalam sebuah perusahaan.

Memang tak bisa dipungkiri, pemilik UKM (Usaha Kecil dan Menengan) maupun CEO perusahaan besar akan selalu memperhatikan bisnisnya agar berkembang pesat tanpa terkecuali pengelolaan gaji kepada karyawan. Oleh sebab itu, kebutuhan akan jasa seperti sistem payroll sangat berguna sekali sehingga dalam prosesnya berjalan efektif dan efisien.

4 Keuntungan Utama Bagi Perusahaan Yang Menggunakan Sistem Payroll

4 Keuntungan Utama Bagi Perusahaan Yang Menggunakan Sistem Payroll

Tahu sendiri kan, perhitungan gaji memerlukan pengetahuan mendalam mulai dari pendataan gaji karyawan, peraturan terbaru, perpajakan, pemotongan jasa (withholding), pengarsipan sampai sistem yang terorganisir. Mungkin, cara manual bisa saja diterapkan namun suatu saat pasti akan mengalami kesulitan bila salah satu pengarsipan rusak atau hilang.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut sistem payroll hadir dengan banyak dukungan dan kemudahan. Anda khususnya pemilik perusahaan kecil atau besar tak perlu khawatir lagi ketika harus mengelola gaji karyawan. Bahkan seiring berkembangnya waktu beberapa jenis aplikasi payroll bermunculan, tidak hanya menawarkan perhitungan gaji saja melaikan juga transaksi lembur, rangkuman absensi, PPh21, proses pelaporan dan keunggulan lainya.

Baca juga  Ini Lho 10 Merk Power Bank Terbaik dan Berkualitas Tahun 2018

4 Manfaat & Keuntungan Menggunakan Sistem Payroll

1. Hemat waktu

Misalnya, dengan cara manual perhitungan gaji untuk total 100 karyawan ternyata membutuhkan setidaknya 3-5 hari kerja. Sementara, ketika memakai aplikasi payroll, hanya sehari saja sudah bisa menghitung keseluruhan karyawan berdasarkan data, jumlah kehadiran bahkan sinkroniasi alat finger print (absensi pakai sidik jari). Efisien bukan? Pada intinya saat data telah dimasukkan maka cukup mengikuti beberapa instruksi aplikasi dan otomatis pengelolaan gaji langsung muncul secara terperinci.

2. Hemat pegawai

Maksudnya disini adalah jumlah pegawai HRD yang biasanya mengelola gaji karyawan tidak perlu banyak-banyak. Cukup mempekerjakan 1 atau 2 orang saja, kemudian diajari teknis penggunaan sistem payroll dan hasilnya tentu akan lebih cepat dan akurat. Jadi, tidak ada lagi kesalahan-kesalahan kecil saat menghitung gaji karyawan ketika memakai proses manual.

3. Data Tersimpan Rapi

Menyimpan data manual jelas membutuhkan lebih banyak kertas, perlu waktu yang tidak sedikit serta tempat penyimpanan. Kini, kehadiran aplikasi payroll mempermudah sebuah perusahaan menyimpan seluruh data secara otomatis dalam bentuk file. Selain lebih rapi, anda pun bisa dengan mudah mengedit, menghapus atau menambah data kapan dan dimana saja. Simpel dan tidak ribet kan?

4. Tersedia Laporan Detail

Karena sistem penggajian berhubungan dengan transaksi, maka bagi perusahaan hal ini termasuk paling krusial. Apalagi jika harus menyediakan laporan secara detail umumnya butuh waktu berminggu-minggu. Tapi adanya sistem payroll, semua laporan bakal mudah didapatkan yang sesuai kebutuhan perusahaan anda.

Baca juga  13 Situs Download Ebook Gratis Terbaik dan Terlengkap, Mau?

Di Indonesia sendiri, aplikasi payroll gampang sekali ditemukan namun tidak semuanya berkualitas. Kalo boleh  saran, salah satu rekomendasi terbaik menurut saya adalah Software Krishand Payroll yang sudah terbukti dipakai oleh ribuan perusahaan. Dengan harga terjangkau, sotfware ini dilengkapi banyak fitur handal sehingga tak diragukan lagi kinerjanya. Laporan-laporan yang dihasilkanya juga bermacam-macam antara lain daftar penghasilan bulanan, bukti pemotongan PPh21, SPT,, laporan BPJS, laporan jurnal gaji, laporan rincian lembur, laporan peminjaman pegawai hingga laporan man power (kualitas SDM).

Demikianlah sharing pada kesempatan kali ini, semoga informasi seputar manfaat dan keuntungan sistem payroll bagi perusahaan dapat membuka wawasan bagi para pemilik perusahaan. Sudah saatnya, fokus bisnis anda dengan mempercayakan pengelolaan gaji karyawan lewat aplikasi payroll terpercaya.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Post Terbaru

  • Baca Juga

  • Archives