3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil

3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil – Semasa hamil, Anda akan merasakan banyak perubahan pada diri dan kebiasaan Anda. Selain harus menjaga nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari dengan mengonsumsi makanan kaya gizi serta menjaga nutrisi DHA dan otak janin, ibu hamil juga harus menghadapi situasi yang kurang mengenakkan yakni susah tidur.

Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil
3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil

Ya, kondisi kandungan yang semakin membesar membatasi sang ibu untuk memilih posisi yang nyaman serta membuatnya jadi lebih susah tidur. Tapi, jangan khawatir, ibu hamil tetap bisa mencoba untuk tidur lebih nyaman dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Baca juga  5 Kunci Utama Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak, Ternyata Sangat Efektif!

3 Tips Maksimalkan Jam Tidur Ibu Hamil

1. Hindari Smartphone

Siapa diantara anda yang tidak bisa lepas dari smartphone termasuk menggunakannya sampai sebelum tidur? Rasanya, hampir setiap orang tidak bisa lepas dari smartphone saat ini ya. Tapi, untuk ibu hamil yang seringkali mengalami gangguan untuk tidur, menggunakan smartphone jadi salah satu hal yang wajib dihindari agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

Penggunaan smartphone sebelum tidur selain berbahaya untuk kesehatan mata juga berdampak buruk untuk ibu hamil yang sulit tidur. Sebab, smartphone bisa mengalihkan rasa ngantuk dan membuat anda jadi lebih focus dengan smartphone tersebut.

Tak jarang orang yang menggunakan smartphone hingga berjam-jam dan lupa dengan jam waktu tidur yang seharusnya didapatkan. Oleh karena itu, jauhkan smartphone sementara waktu sebelum tidur dan fokuskan diri anda untuk bisa tidur dan beristirahat.

2. Matikan Lampu

Setiap orang tentu memiliki suasana tidur favoritnya masing-masing. Ada orang yang menyukai tidur dengan lampu menyala terang ada pula orang yang lebih suka tidur dalam kondisi yang gelap. Tapi, jika Anda tengah mengandung dan seringkali kesulitan untuk tidur pada malam hari, maka memilih suasana tidur dengan lampu mati merupakan kondisi yang paling tepat.

Sebab, lampu yang mati akan mengalihkan focus anda dan membuat anda lebih fokus untuk tidur. Selain itu, suasana tenang juga akan terbangun saat Anda mematikan lampu ketika tidur. Cahaya terang lampu juga dapat menghambat hormon melatonin yang berguna untuk menjaga siklus tidur Anda.

3. Buat Suasana Nyaman

Membuat suasana nyaman akan lebih memaksimalkan kualitas tidur anda. Misalnya, jika menggunakan bra terasa sesak maka lepas terlebih dulu. Pakai baju yang longgar dan tipis agar tidak membuat tubuh terasa panas.

Kemudian, jika sudah memasuki kehamilan trimester kedua atau ketiga umumnya perut akan membesar sehingga tidur terlentang kurang terasa enak. Jadi pilihlah posisi tidur menyamping supaya beban perut tidak membuat sesak di dada.

Demikianlah Tips Maksimalkan Jam Tidur Untuk Ibu Hamil diatas dan semoga bisa anda terapkan agar tidur lebih nyenyak selama masa kehamilan. Jangan lupa juga untuk memperkaya pengetahuan seputar kesehatan dengan rajin membaca info kesehatan terkini. Siapkan juga proses kelahiran dengan beli obat melalui program promo obat muntah anak di goapotik untuk berjaga-jaga.

Salam,
Deny Irwanto
www.denyirwanto.com

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, comment dan share agar saya bersemangat terus dalam membagikan tulisan-tulisan lainya di situs sederhana ini.

Kutunggu Komentar Bijakmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *